Optimalkan Pengumpulan ZIS, Baznas Kabupaten Ciamis Gelar Training ESQ bagi UPZ

DIKSI NEWS2 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, CIAMIS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis bersama Baznas Provinsi Jawa Barat menggelar Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis, Rabu (28/12/2022).

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka pembentukan pembinaan Duta Akhlak dan Duta Zakat bagi para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kecamatan se-Kabupaten Ciamis. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan itu adalah “Mewujudkan 10.000 Generasi Emas Duta Ahlak Duta Zakat Jawa Barat”.

banner 336x280

Mewakili Bupati Ciamis yang tidak bisa hadir, Asisten Daerah (Asda) II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Aef Saefuloh sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas Baznas Jawa Barat membangun 10.000 duta ahlak dan duta zakat se-Kabupaten Ciamis..

“Duta zakat merupakan terobosan baru yang diinisiasi oleh Baznas Provinsi Jawa Barat. Ini dalam rangka mewujudkan 10.000 duta ahlah dan duta zakat,” katanya.

Asisten Daerah (Asda) II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Aef Saefuloh

Menurutnya, program tersebut memerlukan dukungan dari semua seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten Ciamis dalam rangka optimalisasi pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang eksesnya sangat bermanfaat untuk sosial dan keagamaan.

“Tugas mulia tersebut harus diiringi oleh niat yang bulat, semata untuk syiar agama dan berinvestasi amal saleh,” ucapnya.

Dijelaskan Aef, potensi pengumpulan ZIS di Kabupaten Ciamis hampir menyentuh angka Rp.1 Trilyun. Tentu potensi ini harus dapat dioptimalkan dengan sebaik-baiknya dalam mewujudkan masyarakat sadar dan cinta zakat.

“Alhamdulillah, beberapa waktu lalu Baznas Kabupaten Ciamis meraih beberapa penghargaan dari Baznas Jawa Barat atas prestasinya dalam pengelolaan ZIS,” jelas Aef.

Aef juga menjelaskan bahwa, training ESQ ini sangat bagus sebagai bekal penguatan mental-psikis bagi para duta zakat untuk senantiasa berusaha ikhtiar semaksimal mungkin menjadi mitra pengumpul zakat, kemudian bertawakal kepada Allah SWT atas ikhtiar yang dilakukan.

“Pemerintah Kabupaten Ciamis mengapresiasi atas terobosan ini, semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapan kita bisa terwujud. Masyarakat yang lemah secara ekonomi akan banyak yang terbantu dengan hadirnya duta zakat sebagai jembatan Baznas khususnya di Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

banner 336x280