Miris, Siswa SDN Suradita Sukabumi Belajar di Tenda Terpal Akibat Tanah Bergerak Murid Pindah ke Sekolah Darurat

DIKSI NEWS6 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, SUKABUMI – Tanah bergerak yang terus melanda Kampung Suradita, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, memaksa 49 siswa SDN Suradita untuk belajar di sekolah darurat.

Sekolah ini dibuat dari bambu dan terpal, mengingat bangunan asli sudah tidak layak pakai sejak bencana pergerakan tanah pada 2021.

banner 336x280

Perjalanan Berat Siswa Menuju Sekolah

Jalan menuju sekolah darurat penuh tantangan. Siswa harus melewati jalanan rusak akibat tanah bergerak, menambah kesulitan terutama saat musim hujan.

“Anak-anak tetap semangat meski harus melalui jalan yang rusak,” ujar seorang warga. Jum’at, (31/05/2024)

Bangunan SDN Suradita mengalami kerusakan parah. Lantai terbelah, dinding retak, dan beberapa bagian bangunan anjlok.

Sekolah Darurat Hindari Resiko KBM

Edi Junaedi, Kepala SDN Suradita, menyatakan, “Siswa masih belajar di bangunan rusak karena sekolah darurat belum selesai dibangun. Untuk menghindari risiko saat hujan, kami terpaksa mengalihkan KBM ke daring.”

PGRI dan warga setempat sedang membangun sekolah darurat yang lebih aman.

“Bangunan darurat ini memiliki empat ruang dengan ukuran 8×12 meter, disekat menjadi enam kelas,” jelas Edi.

Perpindahan ke sekolah darurat, terjadi atas dasar keamanan.

“Pernah kejadian murid jatuh ke dalam lubang. Kami tidak mau mengambil risiko, sehingga terpaksa membuat sekolah darurat ini,” tegas Edi. Kondisi ini dianggap lebih aman meski darurat.

Pihak sekolah juga telah mengajukan izin penggunaan lahan ke PTPN Perkebunan untuk lokasi sekolah darurat yang tidak jauh dari bangunan SDN Suradita.

“Mohon maaf, saya baru dua bulan bertugas di SDN Suradita. Kepala sekolah sebelumnya sudah melaporkan kondisi ini ke pemerintah desa, kecamatan, dinas pendidikan, dan BPBD,” ungkap Edi.

Ramai di Medsos

Hal ini, memicu reaksi dari warganet.

Beberapa tak kuasa menahan kesedihannya, reaksi lain menanyakan keseriusan pemerintah dalam menanggapi hal ini.

@not_for_charity Tidak jauh dengan kota masi ada tempat pendidikan negri yang tidak layak untuk di gunakan , selama dua tahun mereka belajar di saung butut apakabar pemerintah sukabumi yang masi gak ada pergerakan di kabupaten sukabumi#sukabumiku #viral #dedimulyadi #pendidikanindonesia #pemerintahsukabumi #mositidakpercaya #pemerintahkurangpeduli #gegerbbitung #sukabumijawabarat #bupatisukabumi #ladarsukabumi #kemanusiaan #pemerintahsukabumi #pendidikanindonesia #mositidakpercaya ♬ suara asli – Not for charity

banner 336x280