Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Video Edukasi Bahaya HIV/AIDS, Ini Pesan Bupati Herdiat

DIKSI NEWS7 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya mengajak para generasi muda untuk selalu aktif mensosialisasikan bahaya penyakit HIV dan AIDS.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati dalam acara penyerahan hadiah bagi pemenang lomba video edukasi bahaya HIV/AIDS antar duta Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) tingkat SMA dan SMK Negeri se-Kabupaten Ciamis, Sabtu (24/12/2022) di Joglo Barat Pendopo Kabupaten Ciamis.

banner 336x280

Selaku Ketua KPA Kabupaten Ciamis, Bupati menyampaikan disamping memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait cara penularannya penting juga disampaikan terkait pencegahannya.

“Sebagai generasi penerus kita harus bisa menghindarinya, karena HIV/AIDS itu lebih disebabkan karena perilaku sex yang menyimpang,” katanya.

Menurut Bupati, saat ini banyak orang tua yang ragu ketika membahas perihal sex kepada anak-anaknya, padahal hal tersebut penting untuk disampaikan.

“Orang tua kita kadang seolah-olah tabu bicara seks dihadapan anaknya, padahal itu sangat penting untuk edukasi, tidak usah tabu, ragu dan malu,” ucap Bupati..

Menanggapi video-video edukasi hasil karya para Duta KPA, Bupati menjelaskan bahwa yang terpenting adalah bagaimana pesan dan esensi dari video tersebut sampai kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Pencegahan terbaik adalah dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang tidak baik,” jelasnya.

Dijelaskan Bupati bahwa Pemerintah Kabupaten Ciamis terus berupaya melakukan langkah-langkah penangulangan HIV/AIDS dengan cara kolaborasi Pentahelix dengan melibatkan semua pihak.

Kepada para Duta KPA, Bupati berpesan agar terus semangat dan jangan menyerah oleh keadaan. Bantu generasi kita agar di Kabupaten Ciamis betul-betul bersih dan zero dari HIV/AIDS.

“Kolaborasi pentahelix harus terus kita jaga dan tingkatkan bersama. Jika sudah ada yang terkena, maka jangan dikucilkan, mari berikan suport untuk semangat hidup dan memperbaiki perilakunya,” jelas Bupati.

Kepala Kesekretariatan KPA Kabupaten Ciamis, Andy Ali Fikri mengatakan KPA merupakan bentuk bantuan untuk pemerintah dalam mensosialisasikan dan membantu menyampaikan bahayanya HIV/AIDS dikalangan Milenial. KPA memiliki konsep dari perjalanan waktu lima tahun meski di 2019 terhambat akibat pendemi Covid-19.

banner 336x280