Ratusan Mahasiswa Terancam Mengundurkan Diri, Ada Apa dengan Unigal?

DIKSI NEWS411 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, CIAMIS – Seorang Mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) Ciamis mengundurkan diri karena tidak lolos dari program KIP Kuliah. Ia menandatangani surat pengunduran diri dari kampus tersebut pada, Senin (9/1/2023).

Alif, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unigal, asa dirinya mendapatkan gelar sarjana harus terhenti pasca Rektorat Unigal mengeluarkan surat edaran Nomor 0012/4213/SP/AK/R/I/2034.

banner 336x280

Bunyi surat tersebut menyatakan seluruh mahasiswa wajib melunasi pembayaran 100 persen biaya kuliah sebelum mengikuti Ujian akhir semester (UAS).

Calon penerima KIP Kuliah termasuk dalam daftar wajib melunasi biaya. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari rektorat, sebanyak kurang lebih 700 orang mahasiswa dinyatakan tidak lolos KIP Kuliah.

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Kekecewaan dirasakan Alif. Luapan kekecewaan tersebut mengakibatkan dirinya mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari Unigal.

“KIP salah satu harapan saya, tapi tidak lolos. Sedangkan aturan kampus saklek, 100 persen pembiayaan kuliah harus dilunasi. Saya lebih memilih keluar,” ujar Alif.

 

Aturan pelunasan pembiayaan kuliah berlaku sejak lama

 

Sementara Rektor Unigal Dr. Dadi, M.Si mengatakan bahwa aturan pelunasan sudah sejak lama diberlakukan di Unigal. Menurutnya isi dari surat edaran terkait kewajiban melunasi pembiayaan kuliah adalah hal yang wajar, dan sudah diberlakukan sejak lama.

banner 336x280