Langit Mendung di Musim Penghujan? Beginilah Proses Terjadinya Hujan

DIKSI FEATURE2 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, FEATURE – Pernah gak sih sobat Diksinasi ketika kalian kecil ada yang bertanya-tanya kenapa tiba-tiba ada air turun dari langit atau yang kita kenal dengan yang namanya “Hujan” ?

Secara ilmu pengetahuan, fenomana alam ini sebetulnya merupakan pelajaran ketika kita duduk di bangku SD kelas 3. Namun redaksi akan mengajak Sobat Diksinasi untuk mengulas kembali topik ini agar kalian bisa lebih tahu lagi, hingga akhirnya kita bisa bersyukur atas rezeki dari sang pencipta ini, yang diberikan kepada kita secara gratis.

banner 336x280

Sebelum kita lanjut pada topik kita ini, mari kita ulas sedikit bahwa seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara dengan iklim Tropis, di mana hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Garis ekuator membentang di atas langit Indonesia, tepatnya pada posisi 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan. Koordinat itulah yang kita sering sebut “Garis Khatulistiwa”. Itulah yang menjadi alasan kenapa wilayah negeri yang kita cintai ini sebagai negara tropis.

Tidak bisa dipungkiri akibat turunnya air yang tercurah dari langit makhluk hidup di dunia ini mendapatkan manfaatnya. Pasalnya dari air karunia ini berbagai ekosistem dapat berlangsung. Beberapa contohnya misalnya untuk pertanian, industri, atau untuk pemanfaatan sebagai pembangkit listrik yang memang memerlukan debit air yang sangat banyak.

Terlepas dari berbagai manfaat dan setelah mengulas sedikit tentang geografis Indonesia, selanjutnya kita akan lanjutkan pada pembahasan inti yaitu bagaimana proses terjadinya hujan.

Proses terjadinya hujan terbagi menjadi tiga tahap. Dari proses penguapan (evaporasi), pengembunan (kondensasi) dan mencair (presipitasi).

banner 336x280