Milangkala Desa Situraja Utara ke 40, Ki Dalang Rio Tampil Dalam Pagelaran Wayang Golek

banner 468x60

“Alhamdulillah, kita bisa menikmati pertunjukan wayang dengan dalang lokal. Setelah pandemi, hiburan seperti ini sulit didapatkan. Terima kasih kepada Desa Situraja Utara, rasa rindu akan budaya kami sedikit terobati,” ujar Evi.

Pendidikan

Saat ini, Ki Dalang Rio sedang mengejar pendidikan di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Pemuda bernama Mochamad Rio Suryadi ini berada di tingkat akhir studi, dengan jurusan karawitan dan spesialisasi dalam seni dalang.

banner 336x280
Hobby Sedari Kecil

Rio, yang lahir di Sumedang pada 29 Desember 2001, telah mencintai seni dalang sejak usia 5 tahun. Pengalamannya dalam dunia wayang telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam perjalanan hidupnya. Padepokan Sundamekar adalah tempat di mana Rio mendalami seni dalang sebelum memasuki dunia kuliah.

Salah satu mentornya, Kang Eded, menyebutkan bahwa Rio memang memiliki bakat dan semangat seni yang kuat sejak kecil. Kang Eded, yang juga merupakan sahabat almarhum ayah Rio, sering mendengar cerita tentang minat Rio pada seni wayang sejak masa kecil.

“Sudah cinta wayang dari kecil, mendalang memang jadi cita-citanya” tutur Kang Eded.

Karier profesional Rio sebagai dalang dimulai ketika dia berusia 17 tahun. Kang Eded memiliki harapan besar bahwa Rio akan menjadi penerus dan pelindung budaya Sunda ini, bahkan hingga ke tingkat internasional.

“Semoga Rio bisa menjadi penerus Abah Asep Sunandar Sunarya (Giriharja). Pemuda harus bangga dan mengambil inspirasi dari Rio untuk melestarikan budaya Sunda ini, bahkan di tingkat internasional,” pungkas Kang Eded.

banner 336x280