Pasanggiri Pencak Silat Kabupaten Ciamis: 70 Paguron Tampilkan Jurus Andalan Agar Lolos ke Tingkat Provinsi

banner 468x60

Saat ini, hanya satu sekolah yang menerima siswa melalui jalur prestasi pencak silat, yaitu Sekolah Tinggi Islam di Tasikmalaya.

“Alhamdulillah, saya bisa menembuskan mahasiswa baru melalui jalur prestasi ke STAI Condong,” kata Abah Iman.

banner 336x280

Sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis

Abah Iman juga berharap Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis dapat memasukkan Pasanggiri ke dalam kalender tahunan acara wisata.

“Even ini berlangsung setahun sekali, saya berharap Dispar memasukkannya ke kalender tahunan acara wisata,” ujarnya.

Selain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ciamis, Abah Iman yakin kegiatan ini bisa membangkitkan semangat paguron silat di daerah.

“Tanpa adanya sinergitas dengan pemerintah, sulit bagi kita untuk berkembang. Selain meningkatkan potensi wisata dari bidang kuliner, kenapa tidak kesenian yang sudah menjadi tradisi juga mendapat perhatian dari pemerintah,” tambahnya.

Silat Mencegah Pengaruh Negatif

Ciamis yang kaya akan budaya, seharusnya mendapatkan perhatian maksimal.

“Dengan adanya kegiatan seni dan budaya seperti pencak silat, kita bisa mengurangi sisi negatif dari penggunaan gawai serta memaksimalkan potensi wisata dalam kota,” papar Abah Iman.

Abah Iman juga menyoroti pengaruh negatif dari kegiatan anak muda di luar jam sekolah.

“Dengan rutinitas latihan, kita bisa menghindarkan anak-anak kita dari kegiatan negatif seperti geng motor. Hal ini bisa mereka isi dengan rutinitas latihan dan kegiatan positif,” jelasnya.

Juri Berintegritas dan Berpengalaman

Pada kesempatan ini, hadir sebagai jajaran juri dan dewan juri adalah para ahli dari Bandung, Majalengka, Tasikmalaya, dan lokal Ciamis.

“Juri dari Bandung 1, Majalengka 1, Tasikmalaya 2, dan lokal Ciamis 3 orang yang sudah mendapatkan pelatihan,” ungkap Abah Iman.

Penugasan juri ini mendapat surat tugas langsung dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk menjaga netralitas.

“Juri penilai memiliki surat tugas langsung dari DPP. Netralitas menjadi alasan kuat penugasan langsung tersebut,” tutup Abah Iman.

Dengan adanya Pasanggiri ini, diharapkan Ciamis dapat terus mengembangkan potensi lokal dan memberikan ruang bagi para atlet muda untuk bersinar di kancah yang lebih tinggi.

banner 336x280

Komentar