Nabi Yusuf AS, Kisah Penolakan Cinta Zulaikha, Lebih Epik dari Romeo dan Juliet

DIKSI KOGNISI10 Dilihat

DiksiNasinews.co.id – Kisah Nabi Yusuf AS dan kisah cintanya dengan Zulaikha adalah salah satu narasi yang penuh dengan pelajaran moral dan petunjuk hidup. Kisah ini menjadi bagian dari warisan agama Islam dan memiliki pesan yang relevan bagi setiap generasi.

Berdasarkan buku “Kisah Para Nabi: Sejarah Lengkap Kehidupan Para Nabi Sejak Adam AS hingga Isa AS” (2019) karya Ibnu Katsir, mari kita telusuri perjalanan hidup Nabi Yusuf AS dan keunikan kisah cintanya dengan Zulaikha.
  1. Latar Belakang Nabi Yusuf AS adalah salah satu nabi yang termasyhur dan dihormati dalam Islam. Dia adalah putra dari Nabi Ya’qub AS, juga dikenal sebagai Nabi Israel. Beliau memiliki saudara-saudara yang lain, termasuk saudara-saudara tiri yang cemburu terhadapnya karena dia mendapatkan perhatian lebih dari ayah mereka.
  2. Beliau diberikan anugerah berupa kecantikan dan kebijaksanaan yang luar biasa. Kecantikannya disebut-sebut luar biasa hingga membuat banyak orang terpikat oleh pesona dan ketampanannya.
  3. Kisah Cinta dengan Zulaikha yang merupakan istri dari salah satu pejabat penting di kerajaan Mesir. Zulaikha terpikat oleh ketampanan dan kesalehan Beliau sejak pertama kali melihatnya. Zulaikha adalah perempuan yang terkenal karena kecantikan dan keanggunannya.
Zulaikha berusaha untuk mendekati Nabi Yusuf AS, namun dia menolak dengan tegas karena itikadnya yang kokoh. Beliau tetap teguh dan tidak tergoda oleh godaan yang datang dari Zulaikha, meskipun dia diancam dan dihadapkan pada situasi yang sulit.
  1. Zulaikha merasa terhina dan marah. Namun, dia tidak menyerah begitu saja. Zulaikha merencanakan tipu daya untuk menghadapkan beliau pada situasi yang sulit dan menjauhkannya dari keluarganya.
  2. Penghinaan terhadap Nabi Yusuf AS, Zulaikha mengundang teman-temannya dan para wanita terkemuka lainnya ke istananya dan memperlihatkan kepada mereka buah kurma yang dia sediakan. Ketika Beliau masuk, mereka semua terpukau oleh kecantikannya dan tidak sengaja memotong jari mereka dengan pisau. Dalam kejadian ini, Zulaikha mencoba menuding Utusan ALLOH sebagai penyebab kejadian tersebut, tetapi para wanita itu tahu bahwa itu bukan kesalahannya.
  3. Penjara dan Keadilan, akhirnya beliau dituduh oleh Zulaikha dan suaminya, pejabat kerajaan, atas peristiwa tersebut. Dia diadili dan akhirnya dipenjara. Namun, keadilan Allah SWT menyelamatkan beliau, dan kebenaran akhirnya terungkap.
  4. Kesetiaan Nabi Yusuf AS Selama masa penjara, tetap teguh dan setia kepada Allah SWT. Kekuatan imannya membuatnya mampu mengatasi cobaan dan ujian yang dihadapinya.
  5. Pengangkatan Kenabian, akhirnya Beliau diberi penghormatan dan diangkat menjadi orang yang berpengaruh di kerajaan Mesir. Dia menjadi Penjaga Utama harta raja dan memiliki kebijaksanaan yang luar biasa dalam mengelola perekonomian kerajaan selama masa kelaparan yang melanda.

Kesimpulan Kisah cinta antara Nabi Yusuf AS dan Zulaikha adalah salah satu cerita yang menarik dan bermakna dalam agama Islam. Dari kisah ini, kita dapat memetik pelajaran tentang kesetiaan, keteguhan iman, dan pentingnya menjaga diri dari godaan yang dapat menggoda hati.

Nabi Yusuf AS adalah teladan yang mengajarkan kita untuk tetap setia pada nilai-nilai agama dan berpegang teguh pada prinsip kebenaran, bahkan ketika menghadapi godaan dan cobaan yang besar. Semoga kisah ini dapat menginspirasi kita dalam menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran, kejujuran, dan keteguhan iman.