Sosialisasi Penanggulangan HIV/AIDS di SMP Negeri 1 Ciamis: Bentengi Gen Z dari Bahaya Virus Mematikan

banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Dalam upaya memerangi penyebaran HIV/AIDS di kalangan Generasi Z, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Ciamis menggelar acara bertajuk “Sosialisasi Penanggulangan serta Cegah Penyebaran HIV/AIDS di Gen Z.” Acara tersebut diadakan di SMP Negeri 1 Ciamis dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya virus mematikan tersebut.

Virus Penyebab AIDS

HIV (Human Immunodeficiency Virus), adalah virus yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. HIV menyebabkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), dan mengganggu kemampuan tubuh melawan infeksi. Virus ini dapat menular melalui kontak dengan darah terinfeksi, air mani, atau cairan vagina.

banner 336x280
Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan

Dalam sambutannya, Ketua KPA Ciamis, Andi Ali Fikri, mengajak siswa untuk mendekatkan diri pada keimanan dan ketakwaan sebagai bentuk perlindungan diri. “Tanamkan keimanan dalam setiap langkah adik-adik, karena setiap unsur di dunia ini berdasar pada kehendak ALLOH,” ujar Andi. Rabu, (13/12/2023).

 Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Ciamis Siap Cegah HIV/AIDS
Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Ciamis Siap Cegah HIV/AIDS

Andi, juga mengingatkan para murid untuk lebih selektif dalam menggunakan media sosial. Menurutnya, medsos dapat cepat menyebarkan pengaruh buruk yang berpotensi menyimpang. “Medsos adalah sarana paling cepat mempengaruhi otak bawah sadar. Ini yang bahaya, karena tanpa sadar kita bisa melakukan hal negatif dan riskan terpapar HIV/AIDS,” tambahnya.

Tanggung Jawab Bersama

Kepala SMPN 1 Ciamis, Dr. Wawan Hermawan, M.Pd, mengapresiasi acara tersebut sebagai langkah bersama dalam menghadapi serbuan informasi di media sosial. Dia menekankan tanggung jawab bersama antara guru, orangtua, dan siswa untuk melakukan pencegahan.

banner 336x280