Andhi Pramono Ikuti Jejak Rafael Alun Trisambodo, Korupsi Melibatkan Anggota Keluarga

DIKSI NEWS28 Dilihat
banner 468x60

KPK telah mengungkap taktik yang AP gunakan untuk menyembunyikan aliran uang suap yang dia terima.

“Tidak tertutup kemungkinan bahwa keluarga kalau dari awal dia sudah mengetahui atau patut diduga mengetahui dan secara aktif ikut dalam skenario untuk melakukan pencucian uang itu juga bisa kenakan,” papar Alexander.

banner 336x280

KPK menduga bahwa AP menggunakan rekening bank pengusaha yang dia percayai, termasuk rekening mertuanya, untuk menampung uang suap tersebut.

“Apakah secara aktif dia memang terlibat di dalam proses perencanaan, penggunaan rekening-rekening nominee, nanti akan kami dalami,” lanjut Alexander.

Selama proses penyidikan, KPK menyita tiga mobil mewah yang menurut dugaan menjadi milik AP. Mobil-mobil tersebut termasuk merek Hummer, Toyota Roadster, dan Mini Morris. Penyitaan ini terjadi setelah petugas melakukan penggeledahan di Kota Batam pada Juni 2023.

KPK menduga AP telah menerima gratifikasi sebesar Rp 28 miliar, dengan rincian berlian Rp 652 juta, hingga polis asuransi Rp 1 miliar. Belum cukup itu semua, petugas menduga AP menyamarkan uang yang dia terima, dengan pembelian rumah mewah di bilangan Jakarta Selatan sebesar Rp. 20 Miliar.

“Siasat yang dilakukan AP untuk menerima fee di antaranya melalui transfer uang ke beberapa rekening bank dari pihak-pihak kepercayaannya yang merupakan pengusaha ekspor-impor dan pengurusan jasa kepabeanan dengan bertindak sebagai nomine,” pungkas Alexander.

Dalam perkara ini, Andhi Pramono masuk jeratan Pasal 12B Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 2 ayat 1 serta Pasal 3 Undang-Undang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Dengan penahanan mantan Kepala Bea Cukai Makassar ini, KPK terus berupaya memberantas korupsi di Indonesia dan menegakkan hukum untuk menjaga integritas dan transparansi di sektor pelayanan publik.

banner 336x280