Tak Habis Pikir, Dari Ratusan Pelamar PPPK Ciamis yang Lolos Hanya 72 Orang, Kenapa Bisa Begini ?

DIKSI NEWS10 Dilihat
banner 468x60

“Makanya harapan saya yang honor K2 itu sisanya tanpa test lagi terima langsung saja angkat jadi P3K. Makanya saya sekarang berjuang ke Jakarta ke KemenpanRB agar mengangkat honor K2 tanpa tes,” tambah Any.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ciamis, Ai Rusli Suargi, menjelaskan bahwa passing grade bukan hanya ditentukan oleh jumlah nilai keseluruhan, tetapi berlaku untuk setiap tes yang terdiri dari kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan sosiokultural, serta tes wawancara.

banner 336x280

Passing grade untuk kompetensi manajerial dan sosiokultural adalah 130, sementara passing grade untuk tes wawancara adalah 24. Passing grade untuk kompetensi teknis sesuai dengan jenis jabatannya.

“Kita ketahui memang di Ciamis itu dari formasi 174 ada pelamar 352 orang namun yang lulus Passinggrade 72 orang dan yang tidak lolos 102 orang,” jelas Any.

Ia juga menegaskan bahwa ketentuan passing grade tersebut telah diatur dalam KepmenpanRB Nomor 971 tahun 2022. Pengumuman kelulusan seleksi PPPK Ciamis masih belum final, karena masih ada masa sanggah sebagai bentuk transparansi pelaksanaan seleksi. Setelah masa sanggah, hasil akhir pengumuman kelulusan akan diumumkan kembali.

Para pelamar yang dinyatakan lulus masih harus melalui verifikasi persyaratan penetapan NIP dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk membuktikan kebenaran data yang disampaikan oleh peserta pada saat pendaftaran.

“Nah setelah masa sanggah nanti akan diumumkan kembali hasil akhirnya. Selanjutnya setelah pengumuman kelulusan akhir, untuk yang dinyatakan lulus masih harus melalui verifikasi persyaratan penetapan NIP dari BKN untuk membuktikan kebenaran data yang disampaikan oleh peserta pada saat pendaftaran,” pungkas Any.

Dalam upayanya untuk menuntaskan honorer, pemerintah dapat mempertimbangkan berbagai hal, seperti menurunkan angka passing grade dan memberikan kesempatan lebih luas bagi honorer yang telah lama berpengabdian. Sehingga, honorer dapat memperoleh kepastian hukum dan penghasilan yang layak sesuai dengan kinerja dan pengabdiannya kepada negara.

banner 336x280