Defisit APBD, Hibah Keagamaan Ciamis Hanya Rp8 Miliar, Bupati: Jangan Ada Potongan dengan Dalih Apapun

DIKSI NEWS0 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, Ciamis – Dana hibah keagamaan Ciamis tahun anggaran 2022 akan segera bergulir. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam kegiatan sosialisasi di Aula Setda Ciamis, Senin (05/12/2022) menegaskan agar tidak terjadi potongan atau pungutan dalam bentuk apapun, ketika pelaksanaan.

“Saya tegaskan tidak boleh ada potongan atau pungutan apapun, malahan sekarang dananya juga sudah kita masukan kedalam rekening,” ungkap Herdiat.

banner 336x280

Orang nomor satu di Ciamis ini mengatakan bahwa bantuan hibah keagamaan Ciamis adalah uang pemerintah atau uang rakyat. Kendati demikian, kata dia, semua pihak harus bisa mempertanggung jawabkannya.

Terkait dengan hibah keagamaan Ciamis itu, Herdiat tidak mengharapkan jika ada oknum-oknum yang memangkas anggaran dengan dalih apapun.

“Jika sampai terjadi seperti itu, maka lebih baik kembalikan saja uangnya. Daripada nanti bapak dan ibu semua yang akan terkena pertanggung jawaban atas oknum yang tidak bertanggung jawab, ” ucap Herdiat.

Lebih lanjut, Herdiat mengungkapkan bahwa pemberian hibah keagamaan tahun ini tidak sebesar tahun sebelumnya, lantaran kata dia, APBD sedang dalam kondisi defisit.

“Hal ini bukan berarti tidak adanya keberpihakan Pemda di bidang keagamaan akan tetapi karena faktor keterbatasan keuangan yang saat ini mengalami defisit,” ujarnya.

Sedangkan, lanjut Hediat mengamanatkan, peruntukan penggunaan harus betul-betul sesuai dengan apa yang diajukan dalam proposal.

“Semoga masyarakat dapat manfaatkan sebaik-baiknya, sesuai dengan rencana pengajuan di proposal,” harapnya.

Di tempat yang sama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Wasdi mengatakan bantuan hibah keagamaan tersebut peruntukannya adalah lembaga-lembaga keagaman seperti masjid, madrasah, TKA, TPA, pesantren dan ormas keagamaan.

“Hibah keagamaan ini kita berikan kepada 200 lembaga dengan total mencapai 8 miliar 110juta,” tukasnya.

banner 336x280