Dugaan Pungutan SMAN 1 Ciamis, Orangtua Siswa Takut Anaknya Tak Lulus Karena Belum Bayar

DIKSI NEWS29 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Terjadi dugaan pungutan kepada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Ciamis yang menjadi sorotan. Beberapa orangtua siswa telah mengeluhkan besarnya nominal yang harus mereka keluarkan untuk pendidikan anak-anak mereka.

Rapat Komite

Salah satu wali murid, yang akan kita sebut Iwan (42), mengungkapkan bahwa pada awal anaknya masuk di SMAN 1 Ciamis, ia mengikuti rapat bersama komite sekolah. Dalam rapat tersebut, terungkap bahwa terdapat kekurangan dana sebesar Rp. 953.300.000,00 jika berbanding dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RAKS) SMAN 1 Ciamis.

Iwan menjelaskan, “Waktu itu kami mendapatkan undangan rapat dari komite, dan mereka menginformasikan bahwa terdapat kekurangan dana sejumlah tersebut. Akhirnya mereka meminta kami untuk menambalnya dengan memberikan kontribusi sebesar Rp. 2.576.486,00 per siswa.” Minggu, (09/10/2023).

Rapat ini terjadi pada 16 September 2023 di Lab Bahasa SMAN 1 Ciamis. Ada total 430 siswa kelas X di SMAN 1 Ciamis, tetapi sebanyak 60 siswa masuk dalam kategori Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) dan mendapatkan keringanan biaya.

“Jumlah siswa yang harus membayar sebanyak 370 siswa setelah memperhitungkan siswa KETM,” tambah Iwan.

Iwan menyampaikan kekhawatirannya karena ia belum mampu melunasi kontribusi ini, terutama karena situasi ekonomi yang belum stabil pasca-Pandemi Covid-19. Belum tersedianya dana untuk memberikan kontribusi, membuat Iwan kuatir anaknya akan mendapat kesulitan tatkala lulus nanti.

“Terus terang, saya khawatir karena saya belum memiliki dana untuk membayar, dan saya takut anak saya akan kesulitan dalam meraih kelulusan. Setelah pandemi, situasi ekonomi saya belum pulih sepenuhnya, jadi saya belum mampu untuk membayar kontribusi ini,” ungkapnya.

Dalam kegundahannya, Iwan bertekad untuk tetap melakukan yang terbaik demi sang buah hati. Meskipun kondisi ekonomi paska Pandemi Covid – 19 masih menjadi kendala, namun Iwan akan berusaha melakukan kontribusi kepada SMAN 1 Ciamis.

“Walaupun ekonomi sedang tidak baik – baik saja, namun saya tetap akan melakukan segala hal demi melunasinya” tekad Iwan.

Kepala SMAN 1 Ciamis, Suarman Guntara hingga berita ini tayang belum memberikan tanggapan apapun. Semoga ada titik terang bagi dunia pendidikan di Kabupaten Ciamis, demi masa depan anak – anak bangsa.