Galuh Ethnic Carnival Semarakkan Hari Jadi Ciamis ke 381, Pasukan Ungu Sigap Bersihkan Sampah, Inilah Pahlawan Sebenarnya

DIKSI NEWS4 Dilihat

DiksiNasinews.co.id,Pendopo – Kabupaten Ciamis merayakan momen bersejarahnya yang ke-381 dengan penuh antusiasme masyarakat Tatar Galuh turut memeriahkan peringatan kelahiran kabupaten ini. Salah satu acara utama yang menjadi sorotan adalah Galuh Ethnic Carnival yang berlangsung pada Minggu (11/6/2023).

Galuh Etnic Carnival Meriahkan Peringatan Hari Jadi Ciamis Ke - 381
Galuh Etnic Carnival Meriahkan Peringatan Hari Jadi Ciamis Ke – 381

Namun, setelah acara berakhir, terlihat halaman Pendopo dipenuhi dengan sampah yang berserakan. Beruntung, Ciamis memiliki pahlawan dalam bidang kebersihan, yaitu Pasukan Ungu yang dengan tangkas segera membersihkan halaman Pendopo dari sampah yang berserakan.

Tak berapa lama kemudian, Pasukan Ungu tersebut turun ke jalan dengan cepat untuk membersihkan sisa-sisa sampah yang masih tersisa dari kegiatan tersebut.

Pasukan Ungu, adalah petugas kebersihan dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PRKPLH) Ciamis. Pasukan ungu dengan sigap, membersihkan halaman Pendopo Ciamis dan jalan-jalan di sekitarnya.

Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, H. Taufik Gumelar, melalui Kepala UPTD Kebersihan, Ismail, mengungkapkan bahwa mereka menugaskan personelnya untuk menjaga kebersihan setelah acara Galuh Ethnic Carnival di Pendopo Ciamis.

“Sejalan dengan arahan dari kepala DPRKPLH, seluruh petugas kebersihan turun tangan dalam rangka perayaan hari jadi Ciamis yang ke-381. Kami juga menyiapkan 5 unit kendaraan roda tiga untuk mengangkut sampah,” ungkapnya.

Tidak hanya di Pendopo Kabupaten Ciamis, pasukan kebersihan yang juga dikenal sebagai Pasukan Ungu ini juga siap bertugas di Lapangan Lokasana.

Ismail menegaskan bahwa mereka beserta tim Pasukan Ungu akan tetap siaga hingga acara perayaan hari jadi Ciamis selesai.

“Kami akan tetap berjaga di Lokasana hingga tengah malam. Kami akan menggerakkan seluruh tim kebersihan kami. Menjaga kebersihan Ciamis adalah tanggung jawab kami dan kami berkomitmen memberikan yang terbaik,” jelasnya.

Dalam penanganan dan pengelolaan kebersihan selama perayaan hari jadi Ciamis, Kepala Dinas PRKPLH, Taufik Gumelar memberikan imbauan. Taufik mengimbau kepada masyarakat Ciamis, agar ikut serta dalam menjaga kebersihan.

“Saya berharap agar masyarakat Ciamis memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Hal ini juga untuk menjaga kebersihan dan keindahan Kabupaten Ciamis yang kita cintai,” paparnya.

Pasukan Ungu memiliki rute yang mereka tempuh dalam menjalankan tugas membersihkan seluruh lintasan kegiatan Galuh Ethnic Festival, dengan pusat kegiatan berada di Pendopo Ciamis.

“Mereka dengan cekatan membersihkan sampah sepanjang jalan dan mengangkutnya dengan kendaraan roda tiga yang telah kami sediakan,” pungkas Taufik.