Pepatah Manis ikut Ngarak Pataka, Terobosan Baru Pemkab Ciamis dalam Catatan Kependudukan

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Pelayanan Terpadu Pemerintah Untuk Masyarakat Ciamis ( Pepatah Manis ) menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Ciamis dalam melayani masyarakat secara optimal dan menyeluruh.

Wakil Bupati ( Wabup ) Ciamis, Yana D Putra resmi meluncurkan program ini beberapa waktu yang lalu di Lapang Sapu Angin Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok. Selasa,(08/11/2022).

“Alhamdulillah hari ini Ciamis berada pada urutan pertama pelayanan publik terbaik Jabar dan ke 3 nasional dari Ombudsman RI dengan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik,”  ucap Wabup.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, akan melepas langsung Ngarak Pataka dari halaman Pendopo. Kemudian rombongan akan mengarak Pataka menuju Taman Surawisesa, Kecamatan Kawali.

Sebanyak lebih dari 30 kendaraan akan mengarak Pataka, rombongan tersebut merupakan satuan pelayanan dari lingkup Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) se-Kabupaten Ciamis. Mobil-mobil pelayanan akan memberikan pelayanan sesuai dengan fungsinya dan terparkir di lokasi Ngarak Pataka untuk membantu masyarakat.

Pada hari pertama, Pataka akan diarak bersamaan dengan Mahkota Binokasih yang datang dari Kabupaten Sumedang. Mahkota Binokasih akan melaksanakan prosesi kirab di Astana Gede Kawali pada tanggal (11/05/2023) sebelum diantarkan kembali ke Pendopo Bupati Ciamis.

Pataka akan singgah di lima kecamatan, yaitu :
Pertama

Kecamatan Kawali, Eks Kawedanaan Kawali di Taman Surawisesa, Desa Kawali;

Kedua

Kecamatan Tambaksari, Eks Kawedanaan Rancah di Lapang Linggaharja, Desa Mekarsari;

Ketiga

Kecamatan Banjaranyar, Eks Kawedanaan Banjarsari di Lapang Sepakbola Cikaso, Desa Cikaso;

Keempat

Kecamatan Cidolog, Eks Kawedanaan Ciamis di Lapang Sepakbola Hegarmanah, Desa Hegarmanah;

Kelima

Kecamatan Cihaurbeuti, Eks Kawedanaan Panumbangan di Lapang Sepakbola Padamulya, Desa Padamulya.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Ciamis, pada kesempatan ini ikut ambil bagian dalam melayani masyarakat secara langsung.

Kepala Bidang (Kabid) Pendaftara Kependudukan (Dafduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Cipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis, Ade Ruhiyat melalui Administrator database ahli muda Aep muplihudin menjelaskan jika hal ini mempunyai tujuan untuk mengejar target 100 persen masyarakat Tatar Galuh memiliki identitas dan tercatat secara administrasi kependudukan.

“Kami mengejar target Seratus Persen dari 960 ribu jiwa lebih yang wajib memiliki identitas agar segera tercatat dalam administrasi kependudukan” terang Aep.

Aep memaparkan jika baru 97 persen warga memiliki identitas yang tercatat, maka pihaknya melakukan terobosan dengan cara jemput bola. Kegiatan ini menyasar ke beberapa sekolah maupun desa yang sudah masuk dalam jadwal program tersebut.

“Sekarang kami kejar 3 persen lagi untuk menggenapi seluruh warga Tatar Galuh miliki identitas tercatat, Jemput Bola adalah salah satu cara kami untuk mengejar target tersebut” pungkas Aep.