Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Menerapkan AHLAK Sebagai Salah Satu Elemen Penting dalam Seleksinya

DIKSI NEWS4 Dilihat

DiksiNasinews.co.id,Jakarta – Rekrutmen Bersama BUMN 2023, menerapkan materi khusus dalam pelaksanaan seleksinya. Melansir laman resmi BUMNAkhlak BUMN merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, yang merupakan nilainilai inti dari BUMN. Senin (12/6/2023),

Akhlak BUMN telah menjadi nilai yang luas diterapkan di perusahaanperusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Akhlak BUMN menjadi salah satu materi utama yang tersaji, dalam seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Penerapan nilainilai inti Akhlak BUMN mencakup seluruh sumber daya manusia (SDM) BUMN, mulai dari Direksi, Dewan Komisaris/Dewan Pengawas, Manajemen/Pegawai, hingga karyawan/pekerja di lingkungan BUMN, Anak Perusahaan, dan Perusahaan Afiliasi Terkonsolidasi.

AMANAH

Nilai Amanah menekankan pentingnya memegang teguh kepercayaan yang diberikan, dengan memenuhi janji dan komitmen, bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan, serta memegang teguh nilai moral dan etika.

KOMPETEN

Selanjutnya, dalam nilai Kompeten, seluruh SDM BUMN diharapkan untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, meningkatkan kompetensi diri guna menghadapi tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, serta menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

HARMONIS

Harmonis adalah nilai yang menekankan pentingnya saling peduli dan menghargai perbedaan, menghargai setiap individu tanpa memandang latar belakangnya, suka menolong orang lain, dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

LOYAL

Selanjutnya, dalam nilai Loyal, ditekankan untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, menjaga reputasi baik sesama karyawan, pimpinan, BUMN, dan Negara, rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar, serta patuh pada pimpinan selama tidak melanggar hukum dan etika.

ADAFTIF

Dalam nilai Adaptif, SDM BUMN diharapkan dapat terus berinovasi dan antusias dalam menghadapi perubahan, cepat beradaptasi untuk menjadi lebih baik, terus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi, dan bertindak proaktif.

KOLABORATIF

Terakhir, nilai Kolaboratif mengedepankan kerjasama yang sinergis, memberi kesempatan kepada berbagai pihak yang berkontribusi, terbuka untuk bekerja sama guna menciptakan nilai tambah, serta memanfaatkan sumber daya secara bersamasama untuk mencapai tujuan bersama.

Pada tahun 2022, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa konsep nilai inti Akhlak BUMN sejalan dengan konsep Emotional and Spiritual Quotient (ESQ). Ia menyadari pentingnya kedua hal tersebut dalam lingkup BUMN.

Erick menyampaikan pandangannya setelah menghadiri acara Halal Bihalal ESQ beberapa waktu lalu. Erick membagikannya, melalui akun Instagram @erickthohir.

ESQ merupakan konsep yang menggabungkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Ary Ginanjar merupakan tokoh sentral dalam pengembangan konsep ini.

Menteri BUMN mengakui kesesuaian konsep tersebut dengan visi BUMN. Bahkan, ia tidak ragu menerapkannya dalam lingkungan perusahaan pelat merah.

Menghadiri Milad ke22 dan Halal bihalal @esqtraining @ary.ginanjar. BUMN menyadari pentingnya kecerdasan EQ dan SQ. Keduanya menyelaraskan hubungan dengan Allah dan sesama manusia,” ungkap Erick. Rabu (18/5/2022).

Erick berharap ESQ akan terus berkontribusi dalam pengembangan SDM di Indonesia.

Semoga ESQ dapat memberikan manfaat yang lebih besar dan nyata bagi peningkatan kualitas SDM Indonesia, terutama bagi generasi muda,” pungkas Erick.