Bikin AS Ketar Ketir, Korut Makin Mesra dengan Rusia Tambah Pasokan Senjata Sang Beruang Merah

DIKSI NEWS24 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Pyongyang – Amerika Serikat ( AS ) menyatakan keterkejutannya ketika mengetahui bahwa Korea Utara (Korut ) berencana untuk mengirimkan lebih banyak senjata ke Rusia, demikian disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri AS pada Senin (12/6/2023).

Pernyataan tersebut muncul setelah pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, berjanji untuk meningkatkan kerja sama strategis dengan Moskwa. Berita dari kantor berita negara Korea Utara, KCNA, mengatakan bahwa Kim telah membuat janji tersebut dalam pesan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, sebagai peringatan Hari Nasional Rusia.

banner 336x280

Menurut laporan dari Reuters, Kim menyerukan kerja sama strategis yang lebih erat dengan Moskow.

“…berpegang erat pada presiden Rusia, sesuai dengan keinginan bersama rakyat kedua negara untuk mencapai tujuan besar membangun negara yang kuat.” tegas Kim.

Melansir Reuters, juru bicara (jubir) Kementerian Luar Negeri mengatakan kecurigaannya, meskipun Pyongyang membantah telah menjual senjata ke Rusia untuk mendukung pasukan perang di Ukraina. Amerika Serikat telah melakukan mengkonfirmasi, bahwa Korea Utara telah mengirimkan senjata tersebut.

Senjata tersebut termasuk roket infanteri dan rudal yang dikirimkan kepada kelompok tentara bayaran Wagner yang didukung oleh Kremlin pada bulan November 2022.

“Kami khawatir bahwa Korea Utara berencana untuk mengirimkan lebih banyak peralatan militer ke Rusia,” ujar sang jubir.

banner 336x280