KPU Musi Rawas Gelar Pemilihan PPK, 430 Peserta Ikuti Tes CAT

DIKSI NEWS1 Dilihat

diksinasinews.co.id, MUSI RAWAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas melaksanakan tahapan perekrutan test tertulis Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan sistem berbasis computer CAT bertempat di SMA Negeri 1 Muara Beliti Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas, Senin (06/12/2022). Pemilihan PPK tersebut diikuti oleh sedikitnya 431 peserta dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas.

Salah satu anggota Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas, Syarifudin saat diwawancarai awak media mengatakan, perekrutan PPK ini dilaksanakan selama 2 hari mulai, Senin-Selasa, (06-07 Desember 2022) yang dibagi menjadi 5 sesi.

Dikatakan Syarifudin, nantinya hasil dari test CAT tersebut bisa langsung dilihat oleh peserta dan akan diumumkan hasil kemampuan mereka dalam mengerjakan soal selama test.

“Peserta bisa langsung mengetahui hasilnya melalui aplikasi yang sudah kami persiapkan untuk peserta dan nantinya bisa langsung diumumkan oleh panitia serta ditempelkan di dinding informasi. Peserta yang masuk 15 besar, nantinya akan mengikuti tahapan selanjutnya,” jelasnya.

Seleksi Calon PPK Pemilu 2024, KPU Muratara Gelar Tes CAT

Hal yang sama dilakukan KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) juga menggelar tes CAT untuk seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Selasa (06/12/2022).

Para peserta seleksi PPK di Muratara sedang melihat hasil tes CAT.

Tes CAT calon PPK Pemilu 2024 tersebut diselenggarakan di SMA Plus Bina Satria Rupit diikuti 320 peserta dari tujuh kecamatan se-Muratara. Usai tes peserta bisa langsung mengetahui nilainya.

Sebanyak 320 peserta tersebut terdiri dari Kecamatan Karang Dapo 40 orang, Karang Jaya 49 orang, Nibung 40 orang, Rawas Ilir 32 orang, Rawas Ulu 52 orang, Rupit 67 orang, dan Ulu Rawas 40 orang.

Ketua KPU Kabupaten Muratara, Agus Maryanto mengatakan pelaksanaan tes CAT seleksi PPK ini digelar selama dua hari dan dibagi delapan sesi.

“Hari ini empat sesi, besok empat sesi, masing-masing per sesi 40 orang. Soalnya ada 75 butir, bobot nilainya paling tinggi 150,” kata Agus.

KPU Muratara membutuhkan 5 anggota PPK setiap kecamatan, sehingga totalnya sebanyak 35 orang yang akan bertugas di 7 kecamatan pada Pemilu 2024.

Agus memastikan tes CAT ini dilaksanakan secara profesional dan transparan, karena hasilnya langsung diumumkan di lokasi tes sehingga bisa dilihat oleh peserta.

“Hasilnya langsung bisa diketahui, langsung kita tempel di kaca jendela di lokasi tes inilah, jadi proses seleksinya memang sangat transparan,” katanya.

Agus menambahkan sesuai jadwal tahapan yang ada, hasil tes tertulis CAT ini diumumkan antara tanggal 8 – 10 Desember 2022. Setiap kecamatan akan diambil antara 10-15 besar peserta yang memiliki nilai tertinggi dengan sistem perangkingan.

Menurutnya, setelah tes CAT, calon anggota PPK yang lolos akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 11 – 13 Desember 2022. Hasil tes wawancara akan diumumkan antara tanggal 14 – 16 Desember 2022.

Anggota PPK Muratara akan ditetapkan pada 16 Desember 2022 dan dijadwalkan dilantik tanggal 04 Januari 2023.

“Semoga dari seleksi ini nantinya menghasilkan anggota PPK yang profesional, jujur, disiplin dan bertanggungjawab untuk menyukseskan Pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Muratara,” harap Agus. (Bahtum)

1 komentar

Komentar ditutup.