KPU Ciamis Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024

Oong Ramdani menekankan pentingnya ketelitian dan akurasi dalam pemutakhiran data pemilih kepada Divisi Data dan Informasi (Datin) di setiap PPK.

DIKSI NEWS8 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, Ciamis – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor).

Rakor ini, bertujuan untuk mempersiapkan pemutakhiran data pemilih dan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilkada serentak tahun 2024.

banner 336x280

Dalam rakor tersebut, hadir pula Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Ciamis di Aula KPU Ciamis, Rabu (29/05/2024).

Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Oong Ramdani, memimpin rakor tersebut, nampak juga Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan, Dede Hilman Nulhakim, Kepala Divisi Data dan Informasi, Tohirin, serta Sekretaris KPU Ciamis, Agus Kurnianto.

Tujuan Pemutakhiran Data Pemilih

Oong Ramdani menekankan pentingnya ketelitian dan akurasi dalam pemutakhiran data pemilih kepada Divisi Data dan Informasi (Datin) di setiap PPK.

“Terus perbarui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar, dan melakukan pencoretan terhadap pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Ia menambahkan, langkah ini bertujuan untuk memudahkan proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pilkada mendatang.

Hal ini, untuk meminimalisir penggunaan KTP saat hari pemilihan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilihnya.

Jaga Kondisi Kesehatan

Selain itu, Oong juga mengimbau anggota PPK untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka.

“Saya harap semua anggota badan ad hoc tetap menjaga kesehatannya baik secara fisik maupun mental, karena dari kemarin kita terus mengadakan acara yang tiada henti. Maka dari itu jangan menyepelekan kesehatan,” tambahnya.

Kepala Divisi Data dan Informasi, Tohirin, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui update terbaru data pemilih di setiap TPS di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Mengingat perlunya hak pilih masyarakat tersalurkan dan terfasilitasi dengan baik agar partisipasi pemilih meningkat, maka akan selanjutnya adalah Coklit di tiap TPS,” katanya.

banner 336x280