Kabar Gembira, Penerimaan POLRI 2023 Sudah Dimulai, Segera Daftarkan Dirimu

DIKSI NEWS3 Dilihat
banner 468x60

DiksiNAsinews.co.id – Polri membuka pendaftaran untuk penerimaan polisi jalur Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara, dan Tamtama untuk tahun 2023. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi https://penerimaan.polri.go.id/ dari tanggal 4 hingga 14 April 2023. Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Dedi Prasetyo menegaskan bahwa seluruh proses pendaftaran untuk Penerimaan Polri 2023 adalah gratis. Dalam mengajak masyarakat untuk mendaftar, Dedi memastikan bahwa Polri adalah institusi yang bebas dari pungutan liar dan praktik KKN.

“Masuk Polri itu gratis, saya jamin, no Pungli no calo no KKN” ujar Dedi.

banner 336x280

Syarat umum untuk mendaftar Penerimaan Polri 2023 adalah sebagai berikut: berusia minimal 18 tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri, Warga Negara Indonesia (pria atau wanita), beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sehat jasmani dan rohani (dokumen keterangan sehat dari lembaga kesehatan), tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan (SKCK), berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela.

Untuk Akpol, terdapat kuota pendaftaran sebanyak 175 orang dengan rincian 150 pria dan 25 wanita. Akpol adalah lembaga pendidikan yang bertujuan mencetak Perwira Polri. Persyaratan mendaftar Akpol 2023 adalah sebagai berikut: berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat memulai pendidikan, memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 163 cm untuk wanita, bukan berasal dari Polri, TNI, PNS, atau tidak pernah mengikuti pendidikan di Polri/TNI, serta berijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS (bukan lulusan dan/atau berijazah Paket A, B, dan C).

banner 336x280