Kabar Gembira POLRI Menerima Pendaftaran Baru, AKPOL, Tamtama dan Bintara

DIKSI NEWS2 Dilihat

DiksiNasinews.co.id – Pada tahun 2023, Polri kembali membuka penerimaan anggota baru dan menyediakan kesempatan untuk menjadi abdi negara bagi mereka yang berminat, baik untuk Tamtama, Bintara, maupun Akademi Polisi (Akpol). Proses seleksinya terdiri dari beberapa tahap, di antaranya pendaftaran online melalui website resmi penerimaan.polri.go.id, pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap 1 dan 2, uji psikologis, uji akademik, dan penelusuran mental kepribadian dan psikologi. Seluruh proses seleksi ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Syarat umum yang harus dipenuhi oleh calon anggota Polri antara lain Warga Negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia pada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD NKRI 1945, memiliki pendidikan minimal SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana karena melakukan tindak kejahatan, berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela.

Bagi yang berminat, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik, terutama untuk menghadapi ujian jasmani yang akan meliputi putaran lari terbanyak dengan batasan waktu 12 menit, pull up, sit up, shuttle run (lari angka 8), push up, dan renang. Dalam menghadapi seleksi ini, jangan lupa juga untuk mengutamakan integritas, kejujuran, dan oleh karena itu, bagi siapapun yang berminat untuk menjadi bagian dari Polri dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, dapat segera mendaftar secara online melalui website resmi penerimaan.polri.go.id.

Adapun proses seleksi penerimaan Polri tahun 2023 terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui dengan baik, seperti pemeriksaan administrasi awal, uji kesamaptaan jasmani dan anthropometri, uji akademik, pemeriksaan kesehatan tahap 1 dan tahap 2, serta penelusuran mental kepribadian dan psikologi tahap 2.

Selain itu, persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon anggota Polri meliputi kewarganegaraan Indonesia, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kesetiaan pada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD NKRI 1945, minimal pendidikan SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana karena melakukan tindak kejahatan, berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela.

Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

Akpol, terdapat persyaratan khusus seperti :

  1. Jenis kelamin laki-laki atau perempuan,
  2. Tinggi badan minimal 165 cm bagi laki-laki dan 163 cm bagi perempuan,
  3. Usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun saat mulai pendidikan,
  4. Berdomisili minimal 1 tahun,
  5. Pendidikan minimal SMA, MA, atau sederajat jurusan IPA atau IPS dengan nilai ijazah minimal 70 atau rata-rata minimal B.

Bintara Polri 2023, persyaratan yang harus dipenuhi antara lain adalah :

  1. laki-laki atau perempuan,
  2. Bukan anggota/mantan Polri, TNI, PNS,
  3. Tidak pernah ikut Pendidikan Polri/TNI.
  4. Tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan,
  5. Usia minimal 17 tahun 7 bulan dan maksimal 21 tahun saat mulai pendidikan,
  6. Berdomisili minimal 2 tahun,
  7. Pendidikan minimal SMA atau MA jurusan IPA, IPS, Bahasa (bukan Paket A dan B) atau SMK (kecuali Tata Busana dan Kecantikan) dengan nilai ijazah rata-rata minimal 65.00 atau rata-rata minimal B.

Tamtama Polri 2023, persyaratan yang harus dipenuhi meliputi :

  1. Laki-laki
  2. Tinggi badan minimal 165 cm
  3. Usia minimal 17 tahun 7 bulan dan maksimal 22 tahun saat mulai pendidikan
  4. Berdomisili minimal 2 tahun, dan
  5. Pendidikan minimal SMA/MA/sederajat jurusan IPA atau IPS (bukan Paket A/B).

Dengan dibukanya penerimaan anggota baru Polri tahun 2023 ini, diharapkan akan semakin banyak generasi muda yang memiliki semangat dan tekad untuk bergabung dengan institusi Polri dan berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Untuk itu, bagi yang berminat untuk bergabung dengan Polri, pastikan memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan. Selain itu, persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi semua tahapan seleksi, terutama pada ujian jasmani yang menjadi salah satu tahapan penting dalam penerimaan anggota Polri.

Tak lupa, juga perlu diingat bahwa menjadi anggota Polri bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Selain memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar, para anggota Polri juga harus senantiasa menjaga integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mendaftar, pastikan Anda benar-benar siap untuk mengemban amanah sebagai anggota Polri.

Bagi yang memenuhi syarat dan berminat untuk mendaftar, jangan lewatkan kesempatan ini. Silakan daftar online melalui website resmi penerimaan.polri.go.id dan ikuti semua tahapan seleksi dengan baik dan benar. Semoga sukses dan bisa menjadi bagian dari Polri yang mampu memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.