Tempo Tegaskan Penolakan Tawaran Iklan Berbayar dari Kominfo: Langgar Etik Jurnalistik?

Narasi yang menyebar menyebut bahwa proposal dari Tempo ini ditolak oleh Kominfo dan memicu pemberitaan berjudul "Operasi Memoles Citra Jokowi."

DIKSI NEWS1 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, Jakarta – Baru-baru ini, tersebar di media sosial proposal dari PT Tempo Inti Media Harian yang diduga berisi permohonan audiensi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Narasi di media sosial tersebut mengaitkan proposal ini dengan pemberitaan edisi 14 Oktober 2024 bertajuk “Operasi Memoles Citra Jokowi.” Tempo pun memberikan penjelasan terkait isu ini.

Dua Surat yang Beredar di Media Sosial

Dua surat dengan kop surat PT Tempo Inti Media Harian beredar di platform X (dahulu Twitter).

Surat pertama, tertanggal 20 September 2024, ditujukan kepada Wakil Menteri I Kominfo, Nezar Patria, berisi permohonan audiensi mengenai sosialisasi capaian kinerja Kabinet Indonesia Maju.

Surat kedua, tertanggal 10 Oktober 2024, ditujukan kepada Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Prabunindya Revta Revolusi, juga terkait permohonan audiensi.

Narasi yang menyebar menyebut bahwa proposal dari Tempo ini ditolak oleh Kominfo dan memicu pemberitaan berjudul “Operasi Memoles Citra Jokowi.”

Bahkan, potongan podcast “Bocor Alus Politik” menyebutkan bahwa Tempo menerima tawaran namun akhirnya menolak.

Penjelasan Wakil Pemimpin Redaksi Tempo

Menanggapi isu yang berkembang, Wakil Pemimpin Redaksi Tempo, Bagja Hidayat, menegaskan bahwa bagian redaksi dan iklan di Tempo beroperasi secara independen.

“Dalam kerja jurnalistik Tempo, berlaku prinsip garis api: bagian iklan dan redaksi bekerja dalam koridor masing-masing. Isi pemberitaan tidak akan terpengaruhi oleh konten iklan, begitu pula sebaliknya,” ungkap Bagja, Senin (14/10/2024).

Bagja menjelaskan bahwa surat tertanggal 20 September 2024 merupakan respons formal dari tim bisnis atas tawaran lisan dari Kominfo terkait iklan berbayar tentang capaian 10 tahun Presiden Jokowi.

banner 336x280

Komentar