Mahfud MD, Begini Perjalanan Karirnya Menjadi Dosen, Menjabat Mentri Hingga Kena PHP Calon Wakil Presiden

DiksiNasinews.co.id, Jakarta – Mahfud MD adalah seorang tokoh penting dalam dunia politik dan hukum Indonesia. Lahir pada tanggal 13 Mei 1957 di Sampang, Madura, Mahfud MD adalah anak keempat dari pasangan H. Abdul Kahar MD dan Hj. Maimunah. Ayahnya merupakan seorang ulama dan pengajar di pesantren, sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang rajin mengajar anak-anaknya membaca Al-Qur’an.

Mahfud MD menghabiskan masa kecilnya di Sampang dan mengenyam pendidikan dasar di SD Negeri Sampang. Setelah lulus dari SD, ia melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 1 Sampang dan kemudian ke SMA Negeri 1 Sampang. Setelah lulus dari SMA, Mahfud melanjutkan pendidikan ke Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta.

Setelah lulus dari Fakultas Hukum, Mahfud sempat bekerja sebagai pengacara di Yogyakarta dan kemudian pindah ke Jakarta untuk menjadi dosen di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Selain itu, ia juga aktif dalam kegiatan dakwah dan organisasi-organisasi Islam.

Pada tahun 2000, Mahfud diangkat sebagai Menteri Pertahanan oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Mahfud mengusulkan berbagai reformasi dalam bidang pertahanan, termasuk reformasi militer dan peningkatan kesiapan dalam menghadapi ancaman terorisme.

Tahun berikutnya, pada tahun 2001, Mahfud diangkat sebagai Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Selama menjabat sebagai Menteri Kehakiman, Mahfud fokus pada reformasi peradilan dan memperkuat lembaga-lembaga penegak hukum seperti kejaksaan dan kepolisian.

Selain itu, Mahfud MD juga dikenal sebagai seorang intelektual yang kritis dan terlibat dalam berbagai diskusi dan forum-forum pemikiran. Ia juga aktif menulis dan telah menerbitkan beberapa buku, termasuk “Negara Hukum dan Hak Asasi Manusia” dan “Menuju Indonesia yang Berkeadilan”.

Setelah pensiun dari jabatan publik, Mahfud MD masih aktif dalam kegiatan akademik dan organisasi-organisasi masyarakat sipil. Ia juga sering memberikan pandangan dan saran mengenai isu-isu politik dan hukum di Indonesia melalui media sosial dan wawancara dengan media.

Dalam perjalanan hidupnya, Mahfud MD telah menerima banyak penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasional, atas kontribusinya dalam bidang hukum dan politik. Namanya juga diabadikan sebagai nama gedung di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, tempat ia pernah belajar dan mengajar.