Parasomnia, Penyebab , Akibat dan cara Penangulangannya Simak Disini Saja!

banner 468x60

DiksiNasinews.co.id – Dewasa ini kebiasaan warganet dalam menghadapi masa transisi dari hal – hal  konvensional ke dunia maya, rupanya mempengaruhi beberapa perilaku normal yang cenderung menjadi penyakit.

Peneliti dan ahli psikologis menyebut fenomena baru ini sebagai Parasomnia, yang banyak merambah remaja serta beberapa orang yang mempunyai ketergantungan akan gawai.

banner 336x280
Apa itu Parasomnia?
  1. Gangguan tidur yang menyebabkan perilaku tidak biasa terjadi saat Anda baru tidur, sedang tidur, atau saat terbangun dari tidur. Perilaku yang tergolong parasomnia bervariasi dari segi karakteristik, tingkat keparahan, hingga frekuensinya.
  2. Berupa berbagai hal seperti gerakan, perilaku, emosi, persepsi, hingga mimpi yang tidak biasa. Namun, biasanya penderita tetap dalam keadaan tidur sepanjang kejadian tersebut berlangsung.
  3. Terjadi setelah fase tidur terlelap, tetapi juga bisa terjadi di antara fase tertidur dan terbangun. Pada saat transisi ini, Anda membutuhkan stimulus yang cukup kuat untuk bangun. Akan tetapi, setelah terbangun, Anda mungkin tidak menyadari perilaku yang terjadi saat tidur tadi, bahkan mungkin tidak mengingat apa yang telah terjadi selama tidur.
  4. Meskipun perilaku tersebut terlihat tidak biasa, tidak perlu khawatir karena parasomnia umum terjadi dan tidak terkait dengan penyakit atau gangguan mental tertentu. Namun, parasomnia dapat terjadi berulang kali dalam waktu yang lama, sehingga dapat menjadi gangguan tidur yang kompleks.
  5. Dapat terjadi pada siapa saja, tetapi kelompok usia anak-anak paling sering mengalami gejala dari gangguan tidur yang satu ini.
Bagaimana Cara Mengatasi Parasomnia?
  • Gejala parasomnia yang bervariasi memerlukan penanganan yang sesuai dengan gejala yang muncul pada masing-masing penderita. Diagnosis parasomnia melibatkan pengecekan riwayat gangguan tidur lain, kondisi medis, penggunaan obat sebelumnya, kondisi kejiwaan, dan penyalahgunaan obat dan alkohol.
  • Beberapa gangguan yang melibatkan aktivitas Rapid Eye Movement (REM) pada seseorang perlu ditangani dengan pemeriksaan untuk mencari tahu adanya potensi gangguan pada sistem saraf pusat.
  • Penanganan parasomnia secara serius mungkin diperlukan apabila aktivitas akibat parasomnia dapat membahayakan penderita dan orang sekitar.
  • Anda dapat menciptakan lingkungan yang aman ketika mengalami parasomnia dengan menggunakan tempat tidur yang tidak terlalu tinggi, memasang kunci pada pintu kamar tidur, dan menghilangkan benda yang berpotensi menyebabkan seseorang terjatuh atau tertimpa sesuatu.
  • Selain itu, efek parasomnia juga dapat diminimalkan dengan cara memperoleh jam tidur yang baik dan teratur, mengonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter dengan tepat, menyesuaikan waktu tidur jika memiliki pekerjaan dengan waktu bergantian atau shift, dan menghindari penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan.

 

Jenis gangguan parasomnia
  • Tidur sambil berjalan (sleepwalking)

Bentuk gangguan parasomnia bernama lain somnambulisme ini muncul saat Anda keluar dari tempat tidur dalam kondisi masih tidur. Meski begitu, Anda tetap bisa menyadari dan bisa merespons dengan baik lingkungan sekitar saat sedang tidur sambil berjalan.

  • Confusional arousal

Merupakan kebingungan saat terbangun. Saat mengalaminya, Anda akan melalui proses berpikir yang sangat lama untuk menyadari dan mengenali keadaan sekitar. Biasanya, orang yang mengalami kondisi ini berpotensi mengalami jantung berdetak cepat hingga napas tak beraturan.

  • Mimpi buruk

Merupakan jenis parasomnia yang mungkin Anda alami. Mimpi buruk dapat terjadi berulang kali, sehingga berpotensi menyebabkan Anda mengalami kecemasan dan kesulitan untuk tertidur.

  • Night terror

Jenis parasomnia yang membuat Anda merasa takut dan berperilaku abnormal saat tidur. Selain berteriak, Anda mungkin saja memukul atau menendang dalam tidur. Kondisi ini bisa bertahan mulai dari 30 detik hingga tiga menit lamanya. Namun, saat terbangun dari tidur, Anda mungkin tidak menyadari telah melakukan perilaku abnormal tersebut saat tidur.

  • Sleep paralysis

Gangguan parasomnia yang sering disalahartikan sebagai “ketindihan” makhluk halus. Ini adalah kondisi medis, biasanya anda akan kesulitan menggerakkan tubuh saat baru mulai tertidur atau saat terbangun. Kondisi ini juga bisa terjadi beberapa kali dalam sekali tidur.

  • Enuresis Enuresis
banner 336x280