Pareidolia, Fenomena Aneh Bisa Lihat Wajah Pada Benda Mati, Waspada Jika Kalian Mengalaminya

banner 468x60

Dalam bidang psikologi, pareidolia digunakan dalam pemeriksaan seperti tes Rorschach inkblot untuk menginterpretasikan emosi tersembunyi seseorang. Namun, penggunaan pareidolia dalam terapi masih menjadi perdebatan di kalangan psikolog karena kurangnya bukti ilmiah yang kuat.

Beberapa penyakit yang terkait dengan pareidolia adalah Lewy body dementia dan Parkinson. Pada Lewy body dementia, pasien sering mengalami halusinasi visual di mana mereka melihat sosok yang sebenarnya tidak ada. Sedangkan pada Parkinson, gangguan keseimbangan zat-zat pengatur di otak menyebabkan pasien memiliki jalan yang lambat dan langkah kecil-kecil.

banner 336x280

Secara keseluruhan, pareidolia bukanlah kelainan yang membahayakan kesehatan mental. Ini adalah fenomena psikologis yang umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Namun, jika pareidolia disertai dengan gejala yang mengganggu atau terkait dengan penyakit lain, disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis atau ahli kesehatan mental untuk evaluasi lebih lanjut.

Sebelum melakukan konsultasi dengan tenaga ahli, ada baiknya anda melakukan tes diri sendiri pada laman Pareidolia Quiz.

banner 336x280