Festival Durian 2024 di Kuningan: Sinergi BPIP dan Pemerintah Daerah Perkuat Ekonomi Kreatif Berlandaskan Pancasila

BPIP dan Pemerintah Kabupaten Kuningan Saling Berkolaborasi untuk Gaungkan Nilai-nilai Pancasila Melalui Festival Durian 2024

banner 468x60

DiksiNasi, Kuningan – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar Festival Durian 2024 di desa Wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat. Acara ini bukan sekadar ajang kuliner dan seni budaya, tetapi juga menjadi momen penting untuk menggaungkan nilai-nilai Pancasila.

Penandatanganan Nota Kesepahaman

Sebagai bagian dari festival ini, dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Pembinaan Ideologi Pancasila antara BPIP dan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., selaku Kepala BPIP, menyampaikan harapannya bahwa kolaborasi ini dapat mendorong pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif, serta melestarikan kearifan lokal sebagai implementasi dari ‘Pancasila Dalam Tindakan’.

banner 336x280

“Kegiatan ini saya harap, dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Kabupaten Kuningan, terutama dalam meningkatkan ekonomi lokal,” ujarnya. Minggu, (25/02/2024).

Selanjutnya, Prof. Yudian menegaskan pentingnya tindak lanjut atas Nota Kesepahaman tersebut oleh unit-unit di BPIP. Hal ini semoga dapat mendorong pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh bagi masyarakat Kuningan.

Ajang Promosi Pariwisata

Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. R. Iip Hidajat, M.Pd., juga menambahkan bahwa Festival Durian 2024 tidak hanya menjadi ajang promosi pariwisata, tetapi juga untuk memperkenalkan produk ekonomi kreatif dan kuliner Kuningan. Dengan adanya variasi olahan durian dan produk lokal lainnya, semoga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

banner 336x280