Kolang Kaling Makanan Pembuka Favorit Buka Puasa, Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

banner 468x60

DiksiNasinews.co.id – Kolang kaling menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa. Kolang kaling ini dipanen dari buah pohon aren yang dibakar hingga hangus. Kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Bertekstur kenyal dan berbentuk lonjong, makanan yang mempunyai nama lain cangkaleng  ini sering dijadikan sebagai bahan campuran olahan minuman dan beberapa olahan makanan manis. Seperti kolak, es buah, puding sampai dibuat manisan.

banner 336x280

Di samping rasanya yang segar dan nikmat ketika disajikan saat berbuka, Cangkaleng ini memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Cangkaleng mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, hingga antioksidan.

Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

  1. Memelihara kesehatan jantung

    Senyawa polisakarida galactomannan di dalam kolang-kaling dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Buah Atap menjadi nama lain dari makanan ini diketahui juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.

  2. Melancarkan pencernaan
    banner 336x280