Jelang Ramadan 2024, Beberapa Komoditas Alami Kenaikan Harga Termasuk Beras, Pengamat : Ini Tidak Masuk Akal, Kita Negara Agraris!

Beberapa Kebutuhan Dasar Mengalami Kenaikan Signifikan Jelang Ramadan 2024, Beras, Listrik , BBM dan Tarif Tol

banner 468x60

DiksiNasi, Jakarta – Jelang Ramadan 2024, beberapa komoditas di tanah air mengalami kenaikan harga yang signifikan. Hal ini menandai siklus tahunan yang selalu terjadi, beberapa hal menjadi penyebab utama kenaikan harga tersebut.

Harga BBM Naik Mulai Maret 2024, Konflik di Timur Tengah Mempengaruhi

Harga minyak dunia terus meningkat, dan Indonesia akan merasakan dampaknya pada harga Bahan Bakar Minyak (BBM), terutama yang tidak disubsidi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa konflik di Timur Tengah menjadi biang kerok utama dari kenaikan ini. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, menjelaskan bahwa ketegangan di kawasan tersebut memengaruhi logistik minyak mentah di seluruh dunia.

banner 336x280

“Tren naiknya harga minyak dunia didorong oleh ketegangan di Timur Tengah, yang berdampak pada sisi logistik minyak mentah di dunia,” ungkap Tutuka.

Sementara itu, harga minyak mentah Brent mengalami kenaikan pada perdagangan baru-baru ini, mencapai US$83,56 per barel. Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran akan pasokan akibat ketegangan di Timur Tengah.

Tarif Listrik Tetap, Meski Lonjakan Harga BBM

Di sisi lain, meskipun harga BBM akan naik, tarif listrik untuk Maret 2024 tetap tidak mengalami kenaikan. Keputusan ini menjadi solusi untuk menjaga daya saing pelaku usaha, daya beli masyarakat, dan tingkat inflasi yang stabil. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman P Hutajulu, menegaskan bahwa keputusan ini telah mendapat pertimbangan secara matang oleh pemerintah.

banner 336x280