THR Pensiunan Cair, Gaji Ke-13 Menyusul: Update Terkini dari Pemerintah, PNS Kapan?

Pencairan THR untuk Pensiunan Dimulai, PNS Menanti

banner 468x60

DiksiNasi, Jakarta, – Pemerintah telah memulai proses pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri per hari ini, menandai langkah awal distribusi THR tahun 2024. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menegaskan bahwa pencairan THR untuk PNS aktif akan mengikuti dalam 10 hari kerja, menjanjikan ketersediaan dana sebelum Lebaran.

Peraturan Baru, Kebahagiaan Pensiunan

Dengan disahkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024, pemerintah berkomitmen meningkatkan kesejahteraan para pensiunan. Besaran THR tahun ini meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, pangan, dan tambahan penghasilan, dijamin tanpa potongan. Presiden Joko Widodo mengesahkan regulasi ini sebagai fondasi legal pembayaran THR dan gaji ke-13 bagi aparatur negara dan penerima pensiun.

banner 336x280

Lihat PP No 14 Tahun 2024 Di sini ==> LIHAT<==

Detail Pencairan THR 2024

Pembayaran THR, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), mulai untuk pensiunan yang proses pembayaran pensiun pertamanya pasca-13 Maret 2024. Pensiunan akan menerima komponen penghasilan Maret 2024 secara penuh, tanpa potongan.

Kesiapan Pemerintah dan Pencairan untuk PNS Aktif

Sri Mulyani mengungkapkan sedang memantau proses penyerahan Surat Perintah Membayar (SPM) dari berbagai unit kerja, menjamin transparansi dan kecepatan pencairan. THR untuk PNS aktif, berdasarkan pengajuan masing-masing unit kerja ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), juga telah mulai.

Kementerian Keuangan memfasilitasi distribusi dana ke PT Taspen dan PT Asabri sejak 21 Maret, menegaskan kesiapan pemerintah dalam mengelola pencairan THR dengan efisien. THR bagi pegawai pemerintah aktif sesuai pengajuan, menandai komitmen pemerintah dalam memastikan kesejahteraan pegawai negeri di momen krusial.

banner 336x280