Dugaan Penyalahgunaan Wewenang di Dinas Pendidikan Ciamis: Menguak Praktik yang Mencoreng Dunia Pendidikan

Perbedaan mencolok ini menimbulkan kecurigaan adanya kolusi antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pendidikan dan penyedia buku tersebut.

DIKSI NEWS5123 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, Ciamis, Jawa Barat – Proyek pengadaan buku “Ensiklopedi Dinosaurus dan Keturunannya: Penelitian dan Penemuan Dinosaurus” dalam Program Pengadaan Buku Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengetahuan Umum Siswa di Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis diduga menjadi ajang penyalahgunaan wewenang yang merugikan negara.

Indikasi kuat menunjukkan adanya penggiringan untuk membeli buku tersebut dari satu perusahaan, yaitu CV Amanah, dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan harga pasaran.

banner 336x280

Berdasarkan surat pesanan, Dinas Pendidikan Ciamis membeli buku dengan harga Rp. 360.000,00 per eksemplar.

Sementara itu, di toko online, buku yang sama dapat dibeli hanya dengan Rp. 49.000,00 sebelum ongkos kirim.

Perbedaan mencolok ini menimbulkan kecurigaan adanya kolusi antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pendidikan dan penyedia buku tersebut.

Kronologi dan Bukti-bukti

Masalah ini baru terungkap belakangan ini, tetapi ada kemungkinan praktik serupa telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Kronologinya bermula dari ketidaktelitian atau dugaan penggiringan oleh PPK untuk memilih paket pembelian dari satu perusahaan demi keuntungan pribadi.

PPK yang telah memasuki masa pensiun menyatakan bahwa tanggung jawab pemesanan sepenuhnya ada di pihak sekolah, dan dia hanya menyetujui pembelian tersebut.

Salah seorang staff di Dinas Pendidikan menyebut jika Kabid sekaligus PPK lah yang melakukan pembelian melalui aplikasi E katalog tersebut.

“Kalau yang melakukan pemesanan, pak Kabid. Saya hanya lakukan inspeksi atau pemeriksaan barang ketika sudah sampai” singkatnya. Senin, (25/03/2024).

Namun, keterangan ini tidak menjawab pertanyaan mendasar tentang mengapa pembelian tersebut dilakukan dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Pihak yang Diuntungkan

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD, M yang bertindak sebagai PPK dan perusahaan penyedia, CV Amanah, adalah pihak yang diduga mendapat keuntungan dari penyalahgunaan wewenang ini.

banner 336x280