3000 PJU Siap Terang Benderangkan Tatar Galuh, Bupati : Ciamis Terang!

DIKSI NEWS10 Dilihat
banner 468x60

CIAMIS – Bupati Ciamis beberapa waktu lalu mengungkapkan perihal pemasangan lampu PJU di wilayah Kabupaten Ciamis yang merupakan program nasional Indonesia terang.

Program tersebut bersumber dari bantuan provinsi Jawa Barat dengan slogan yang digaungkan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya “Ciamis Terang”.

banner 336x280

Kepala Dinas Perhubungan Drs.Ahmad Yani mengatakan program pemasangan lampu PJu ini akan disebarluaskan ke semua desa yang tersebar di 27 Kecamatan Kabupaten Ciamis.

“Jadi mendukung progam nasional ‘Indonesia Terang‘ sesuai amanat pak bupati dari bantuan yang kita terima akan disebarkan setiap desa sebanyak tiga lampu, kemudian tiap kecamatan sebanyak sepuluh lampu,” kata Ahmad Yani ditemui di ruang kerjanya pada Kamis, (22/12/2022).

Kemudian Ahmad menjelaskan untuk wilayah perkotaan sendiri banyak PJU yang belum maksimal untuk itu akan ditempatkan di jalur lintas selatan dan jalur angkutan umum sesuai kebijakan pemda yang sudah tertera.

“Sesuai dengan kontak pekerjaan target pemasangan PJU sekitar Tiga Ribu akan rampung sampai tanggal 30 Desember 2022,” tambahnya.

Sementara itu untuk anggaran yang dikucurkan dari Pemprov, Kadishub menurutkan senilai Rp.25M, namun setelah taken kontrak pekerjaan pasti berkurang yang kurang lebih sekitar Rp.24M untuk nilai kontrak nya sendiri.

Penjelasan Pemasangan Lampu PJU Baru dan Perbaikan

Menurut Ahmad Yani, yang dimaksudkan dengan pemasangan lampu PJU baru dan perbaikan adalah semua lampu baru, hanya penanganan nya terdiri dari beberapa jenis.

“Yang pertama dari mulai pembangunan tiang itu sampai dengan lampu nya itu kurang lebih ada 120 titik, kemudian yang sisa nya itu ada dua untuk pemasangan di desa dan kecamatan, lalu sisanya lagi untuk membuat Smart System PJU,” jelas Ahmad.

banner 336x280