Deddy Corbuzier Ternyata Berpangkat Letkol Tituler TNI AD

DIKSI NEWS0 Dilihat

DiksinasiNews.co.id, Jakarta – Mentalis yang kini aktif menjadi YouTuber Deddy Corbuzier mendapatkan gelar pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Pemerintah melalui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Jumat (9/12/2023).

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman juga ikut mengesahkan gelar tersebut.

Momen pemberian pangkat diunggah Deddy melalui akun Instagram-nya. Nampak Deddy menggunakan seragam hijau TNI AD berfoto bersama Prabowo di sebuah ruangan.

“Kebanggaan yang luar biasa, penerimaan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan @prabowo

Yang disahkan oleh Panglima TNI @jenderaltniandikaperkasa

dan KASAD @dudung_abdurachman,” tulis Deddy dalam unggahan di instagramnya.

Regulasi Pangkat tituler

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tituler adalah suatu gelar atau pangkat yang diberikan kepada seseorang yang membutuhkannya untuk keperluan-keperluan bersifat sementara, tetapi orang yang menerimanya tidak harus melakukan tugas yang berkaitan dengan gelar/pangkat yang diberikan jika keperluan itu telah dilalui atau telah diselesaikan.

Perihal pangkat tituler itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia.

Dalam Pasal 5 PP No.39/2010 disebutkan, setiap prajurit diberi pangkat (ayat 1). Ayat 2 menyebutkan ada dua jenis kepangkatan yakni pangkat efektif dan pangkat khusus.

Pangkat efektif adalah pangkat yang diberikan kepada prajurit selama menjalani dinas keprajuritan dan membawa akibat administrasi penuh.

Sementara pangkat khusus terdiri atas pangkat lokal dan pangkat tituler.

Pasca Deddy Corbuzier mendapatkan gelar Letkol Tituler, ia mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak-pihak yang telah mempercayainya.

“Terima kasih untuk keluarga besar TNI dan Kemhan atas penghargaan dan kepercayaan tertinggi ini untuk saya. Ini juga artinya mengawali perjalanan baru bagi saya untuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila,” ujarnya.

Deddy berharap ke depan bisa memberi gagasan untuk masyarakat dan bangsa. Dia menyampaikan pangkat Letkol Tituler juga pernah diberikan kepada almarhum Idris Sardi.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya saya di keluarga besar TNI bisa lebih memberikan warna baru dan gagasan gagasan untuk Rakyat, Bangsa dan Negara. Juga sebagai Duta Komcad mampu membawa rakyat bersama membela bangsa. Pangkat Tituler sebelumnya pernah di berikan untuk almarhum Idris Sardi pada tahun 1996,” imbuhnya.