Desa Utama Bergejolak, Perusahaan Ingkar Janji, Warga Blokir Akses Jalan Menuju Kandang Sapi

DIKSI NEWS21 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Bergejolak, Warga Blokir Akses Jalan menuju kandang sapi yang melalui wilayah mereka.

Letak kandang berada di wilayah pemerintahan desa Pamalayan, namun untuk menuju area tersebut hanya ada satu jalur yang dapat dilalui yakni melewati wilayah desa Utama.

banner 336x280

Aparat desa Utama memfasilitasi mediasi antara warga dengan Pt. Dilar Lintas Raya selaku perusahaan terkait penutupan jalan akses menuju kandang Sapi. Rabu, (21/06/2023).

Warga Blokir Akses Jalan Kandang Sapi, Perusahaan Ingkar Janji
Warga Blokir Akses Jalan Kandang Sapi, Perusahaan Ingkar Janji

Warga desa Utama merasa keberatan dengan dipakainya jalan yang melewati wilayah mereka, karena sebelumnya pihak perusahaan tidak melakukan sosialisasi atau koordinasi terlebih dahulu.

Dede Muchsin Ketua Karang Taruna Unit dusun Cihideung menyatakan jika perusahaan tak pernah menggubris kebutuhan warga yang terdampak.

Karang taruna mengajukan proposal kepada pihak perusahaan untuk kegiatan sosial di daerahnya. Namun pihak kandang menyatakan akan menyampaikan hal tersebut ke pihak perusahaan namun tak pernah diakomodir. Karang taruna menyatakan jika pihak perusahaan menjanjikan akan menemui mereka, namun pada kenyataannya hingga saat ini tak pernah sekalipun managemen yang datang terkait hal tersebut.

“Kami pernah mengajukan proposal untuk kegiatan warga, namun pihak perusahaan malah terkesan saling lempar hingga saat ini tak pernah ada tanggapan dari pihak perusahaan” keluh Dede.

Akhirnya warga melakukan penutupan jalur tersebut, dan melaporkan kejadian itu kepada kepala desa utama.

Adapun pihak desa tak pernah minta apapun terhadap pihak perusahaan, terkait kompensasi apapun kades mempersilakan pihak perusahaan langsung dengan warga yang terdampak.

“Kami tak pernah menuntut apapun dari perusahaan, silakan saja lakukan komunikasi dengan warga. Kami hanya memfasilitasi saja” ujar Kades.

banner 336x280