Karang Taruna Desa Cisadap Gelar Pelatihan dan Pembinaan Kader

DIKSI NEWS4 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Karang Taruna Desa Cisadap menggelar Pelatihan dan Pembinaan bagi Kader Karang Taruna pada, Rabu (11/01/2023) di Aula Kantor Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Ciamis, Dedi Mudyana, Sekertaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Alkautsar, Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciamis, Utis Kustiaman, Kepala Desa Cisadap, Muhlis, Bhabinkamtibmas dan puluhan kader Karang Taruna Desa Cisadap dan Mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

banner 336x280

Camat Ciamis, Dedi Mudyana yang membuka acara tersebut sangat mengapresiasi dan menyambut baik menurutnya, karang taruna wadah generasi muda harus bisa mandiri karena mendukung program pemerintah. Karang taruna juga harus bisa memanfaatkan teknologi diera digital ini.

“Karang Taruna harus inovatif, kreatif dan produktif. Manfaatkan teknologi untuk mengembangkan potensi yang ada di Desa Cisadap ini,” ungkapnya.

Dedi berharap agar ketua dan pengurus Karang Taruna Desa Cisadap bisa memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karang Taruna diatur oleh dua kementrian yaitu Kementrian Sosial (Kemensos) dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Semua pengurus harus memahami peraturan yang berlaku, sehingga mereka mengetahui tugas dan fungsi karang taruna seperti apa,” harapnya.

Sekertaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Alkautsar mengatakan bahwa Karang Taruna sebagai wadah pembinaan generasi muda dalam bidang kesejahteraan sosial ditingkat desa/kelurahan. Ia juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, Karang Taruna harus mampu menunjukkan fungsi dan peranannya secara optimal ditengah masyarakat. Karang Taruna yang didalamnya diisi generasi muda/pemuda harus bisa berperan menjadi agen perubahan (Agent of Change) bagi lingkungannya.

“Peran pemuda sebagai agen perubahan dapat diwujudkan dengan mengembangkan kepedulian terhadap masyarakat, pendidikan politik dan demokratisasi, sumber daya ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga, seni budaya, kepedulian terhadap lingkungan hidup, pendidikan kewirausahaan atau kepemimpinan dan lainnya,” katanya.

Dijelaskan Ega, ada empat peranan pemuda sebagai agen perubahan dalam pemberdayaan masyarakat, diantaranya pemuda sebagai Fasilitator, Mediator masyarakat, sebagai Komunikator, Informator dan Edukator, pemuda juga sebagai Kontrol Sosial.

Sebagai fasilitator, pemuda dituntut menjadi sebuah tonggak peradaban untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperjuangkan haknya sebagai pendamping untuk generasi muda dan masyarakat di wilayahnya.

“Generasi muda pun dituntut harus mampu untuk menjadi penengah penyelesaian permasalahan sosial yang ada dimasyarakat, dalam artian pemuda memiliki peranan penting dalam mencari solusi permasalahan yang terjadi dilingkungan masyarakat,” jelasnya.

Ega juga mengungkapkan sebagai komunikator, informator dan edukator pemuda harus dapat memberikan informasi untuk mensosialisasikan kebijakan, program dan kegiatan dari pemerintah desa/kelurahan, provinsi dan pusat serta mengedukasi masyarakat tentang lingkungannya.

Menurutnya, sebagai kontrol sosial pemuda harus aktif terlibat dalam mengontrol kehidupan masyarakat, bertanggung jawab dalam mencegah terjadinya penyimpangan sosial, juga mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku, bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku dilingkungan masyarakat.

“Jadi, pemuda itu memiliki peranan sangat penting ditengah masyarakat. Kita sebagai generasi penerus dimasa depan juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang ada dalam diri agar dapat mengarahkan, membantu serta bertanggungjawab atas diri kita, orang lain dan masyarakat di wilayah masung-masing,” jelas Ega.

Ega juga menerangkan bahwa, masa depan sebuah negara sangat ditentukan oleh generasi muda. Pemuda menjadi faktor penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Pemuda juga menjadi harapan dalam setiap kemajuan pembangunan suatu bangsa.

“Saya berharap agar para pemuda generasi penerus yang tergabung di Karang Taruna ini bisa menjadi agen perubahan bagi Desa Cisadap ini,” ungkapnya.

banner 336x280