Mahfud MD Kecam Praktik Tindak Pidana Perdagangan Orang di Batam, Libatkan Uang Besar Serta Permainan Pemerintah dengan Swasta

DIKSI NEWS0 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Batam – Menko Polhukam Mahfud MD melakukan pertemuan dengan Romo Paschal di Batam, dimana dalam pertemuan tersebut Mahfud MD membicarakan tentang praktik Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). TPPO ini merupakan praktik yang sangat membahayakan dan mengancam kemanusiaan. Bahkan dalam praktiknya, TPPO melibatkan uang yang besar dan jaringan TPPO termasuk di pemerintah dan swasta.

Mahfud MD mengungkapkan bahwa TPPO melibatkan jaringan baik di kantor-kantor pemerintah maupun swasta. Bahkan, Mahfud MD sudah memiliki daftar jaringan TPPO maupun Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal. Namun daftar tersebut masih harus diuji kebenarannya terlebih dahulu.

banner 336x280

“(TPPO) ini melibatkan jaringan-jaringan, baik di kantor-kantor pemerintah maupun swasta,” ujar Mahfud MD dikutip dari Tribun Batam, Rabu (5/4/2023).

Kehadiran Mahfud MD di Batam bukan tanpa alasan. Ada aduan dari masyarakat mengenai dugaan kasus perdagangan orang atau human trafficking dan TPPO di Kota Batam. Kasus ini memang belakangan menjadi perhatian masyarakat luas dan diduga melibatkan aparat negara yang membekingi perdagangan orang.

Presidium Gerakan Kemasyarakatan (Germas) PMKRI Cabang Batam, Simeon Senang, berharap Mahfud MD berani membuka kasus perdagangan manusia yang saat ini sedang marak di Kota Batam, Kepulauan Riau.

banner 336x280