Cawapres Nomor 3, Mahfud MD Bahas Persiapan Debat Capres dan Gaji Marbot serta Guru Ngaji

DIKSI NEWS2 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Cawapres nomor 3, Mahfud MD, melakukan kunjungan ke Ponpes Al-Quran Cijantung Ciamis dalam rangka menghadiri acara Dialog Kebangsaan. Bersama rombongan, Mahfud tiba di Ponpes Cijantung sekitar pukul 09.40 WIB dan disambut dengan gema salawat yang dilantunkan oleh para santri.

Dialog Kebangsaan

Dialog Kebangsaan ini mengangkat tema penting, yaitu “Kiyai dan Pesantren Sebagai Sentrum Kultural Penguatan Demokrasi, Hukum, dan HAM untuk Kedaulatan NKRI.”

Acara tersebut dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Cijantung, di mana Cawapres nomor 3 memberikan materi dan berinteraksi dengan para peserta, termasuk menjawab pertanyaan dari Fahmi Farid Purnama, perwakilan dari Pondok Pesantren Cijantung.

Farid menanyakan mengenai potensi tumpang tindih otoritas antara presiden dan wakil presiden, serta memberikan catatan terkait persepsi bahwa wakil presiden hanya sebagai “ban serep.” Mahfud menegaskan bahwa tidak akan ada tumpang tindih otoritas, dan perannya sebagai wakil presiden mencakup pengawasan terhadap Politik, Hukum, dan HAM.

“Ndak akan ada tumpang tindih otoritas karena tugasnya sudah jelas, saya juga sudah minta sama ibu Mega dan pimpinan Parpol. Permintaan saya, sebagai Wapres ingin mendapat akses mengawasi Politik, Hukum dan Ham, kan bisa jadi atasnya Polhukam,” jawabnya tegas.

Gaji Guru Ngaji dan Marbot Mesjid

Dalam dialog yang berlangsung, Mahfud juga merespons aspirasi dari santri dan Kiyai. Mereka, membahas seputar kondisi guru madrasah yang ternyata belum mendapatkan perhatian yang memadai.

Mahfud berkomitmen untuk meningkatkan nasib para guru madrasah dengan merencanakan program peningkatan honor, serta memberikan perhatian khusus untuk Marbot Masjid.

“Tadi saya dengar guru madrasah ini gajinya hanya Rp 300 ribu perbulan. Oleh sebab itu kami akan programkan bagi guru-guru madrasah yang sejatinya mencerdaskan anak bangsa. Nanti teknisnya kita akan mencatat para guru madrasah agar mendapat gaji dari negara, sekurang-kurangnya honor yang tetap,” ungkap Mahfud.

Selain itu, ia juga mencatat niat untuk memberikan perhatian lebih kepada Marbot Masjid, termasuk menetapkan honor dan biaya perawatan.

Persiapan Debat Capres dan Cawapres 2024

Menjelang debat Cawapres 2024, Mahfud menyatakan kesiapannya tanpa persiapan khusus. “Untuk debat nanti tidak ada persiapan khusus, kan debat itu pakai undian. Kita lihat aja keseruannya nanti,” tuturnya.

Setelah acara berlangsung di Ponpes Al-Quran Cijantung Ciamis, Mahfud MD berencana melanjutkan kunjungannya ke beberapa ponpes di Tasikmalaya dan Garut. Dia, menunjukkan komitmennya untuk terus berinteraksi dengan masyarakat dalam berbagai kesempatan.