Google Bakal Kendalikan Jakarta untuk Mengurai Kemacetan, Begini Cara Kerjanya

DIKSI NEWS1 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengupayakan langkah untuk mengurai kemacetan. Kali ini, memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

“Benar. Kami tengah bekerja sama dengan Google Indonesia untuk optimasi traffic light di persimpangan,” kata Emanuel Kristanto Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Jumat (9/12/2022). DiksinasiNews.co.id melansir dari Antara.

banner 336x280
Teknologi AI itu untuk menyesuaikan pengaturan lampu lalu lintas (traffic light).

Emmanuel menerangkan nantinya teknologi AI akan menganalisis volume lalu lintas di persimpangan. Setelah itu, teknologi tersebut akan merekomendasikan durasi lampu hijau yang paling optimal di masing-masing jalur di persimpangan.

“Secara garis besar Google akan menggunakan teknologi AI mereka untuk menganalisa volume lalin di persimpangan dan merekomendasikan waktu nyala hijau yang optimal di masing-masing kaki persimpangan,” katanya.

Data tersebut kemudian terkirim ke Dishub Jakarta selanjutnya, ada tindak lanjut di lapangan. Melalui teknologi ini, dia berharap lampu lalu lintas akan menyesuaikan ruas jalan yang perlu memberi durasi lebih panjang lampu hijaunya menyala sehingga kepadatan volume kendaraan dapat terurai.

Berita selengkapnya. Berita penting untuk dibaca, jangan sampai terlewatkan. Klik di sini

“Data kita kirim ke Dinas perhubungan, kemudian kita aplikasikan di lapangan,” imbuhnya.

Sebagai informasi, proyek ini rencananya akan terselenggara pada 2023. Kedua pihak, yakni Google Indonesia Dishub Jakarta, telah menandatangani nota kesepahaman pada November lalu dengan nama proyek Green Light.

banner 336x280