Pertama Kali, Pengurus DPC PAPPRI Ciamis Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

DIKSI NEWS46 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Untuk pertama kalinya Pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kabupaten Ciamis resmi dilantik dan dikukuhkan.

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPC PAPPRI Kabupaten Ciamis untuk periode 2023-2028 ini, dilakukan oleh Ketua PAPPRI Jawa Barat, Rd H Gunawan Sumadikara, Sabtu (28/01/2023) di Rumah Makan Pujaseda Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Gunawan juga sangat mengapresiasi atas pelantikan dan pengukuhan perdana pengurus PAPPRI Kabupaten Ciamis. Dengan dilantiknya pengurus PAPPRI Ciamis diharapkan bisa memberikan andil dalam menumbuhkan dan mengembangkan ekosistem kebudayaan guna meningkatkan ekonomi kreatif di Kabupaten Ciamis, salah satunya melalui kreativitas musik.

“Saya harap DPC PAPPRI Kabupaten Ciamis dapat berkolaborasi, bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah juga dengan organisasi maupun komunitas lain dalam menciptakan kreativitas musik yang sehat dan cerdas. Keberadaan PAPPRI di Ciamis semoga dapat lebih mengembangkan kreatifitas para pelaku seni musik di Kabupaten Ciamis ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Gunawan juga menjelaskan bahwa PAPPRI adalah organisasi profesi, wadah bagi para artis penyanyi, pencipta lagu, dan pemusik di Indonesia.

Menurutnya, para pelaku seni harus mempunyai sertifikat profesi yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Untuk mendapatkan sertifikat itu para pelaku seni harus mengikuti tahapan sertifikasi.

“Saya berharap para pelaku seni di Ciamis juga dapat memiliki sertifikat, sehingga kedepannya akan banyak pelaku seni yang telah bersertifikat,” harapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia yang mewakili Bupati Ciamis sangat mengapresiasi atas dilantiknya kepengurusan PAPPRI Kabupaten Ciamis.

“Semoga para pengurus PAPPRI Kabupaten Ciamis ini amanah dalam mewujudkan visi dan misi organisasi,” katanya.

Dijelaskan Budi, pihaknya menaruh harapan besar dengan terbentuknya kepengurusan PAPPRI DPC Kabupaten Ciamis yang mewadahi para artis penyanyi, pencipta lagu, dan pemusik yang berada di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Dengan terbentuknya PAPPRI DPC Kabupaten Ciamis ini diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), menambah kemampuan, pengetahuan, wawasan dalam meniti karier dibidang artis penyanyi, pencipta lagu, pemusik di Kabupaten Ciamis,” harapnya.

Menurutnya dalam melaksanakan aktivitasnya organisasi, PAPPRI Ciamis harus mampu bekerja secara profesional agar dapat melahirkan artis penyanyi, pencipta lagu, pemusik daerah yang dapat berkarya baik diajang lokal, nasional maupun internasional.

“Kami berharap agar PAPPRI Ciamis harus bisa bermitra dengan pemerintah untuk mengangkat seni, budaya lokal yang dipromosikan guna mengangkat citra pariwisata daerah,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPC PAPPRI Kabupaten Ciamis, Yagus Triana mengatakan keberadaan PAPPRI di Ciamis diharapkan dapat menjadi pemicu untuk perkembangan musik khususnya di Kabupaten Ciamis.

“Saya berharap, adanya PAPPRI di Kabupaten Ciamis, dapat menjadi wadah kreativitas bagi seniman musik yang ada di Kabupaten Ciamis,” kata Yagus.

Yagus juga menjelaskan bahwa ada 12 profesi yang dapat menjadi anggota DPC PAPPRI Kabupaten Ciamis ini, diantaranya pencipta lagu, pemusik, penyanyi, penata musik, pendidik, progammer, produser, ilustrator, promotor, pengamat, wartawan musik dan profesi lainnya yang berkaitan dengan musik.

“DPC PAPPRI Kabupaten Ciamis ini juga dapat melakukan berbagai usaha dalam bentuk badan usaha sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Untuk itu, keberadaan badan usaha tersebut harus mempunyai hubungan hukum yang jelas dengan PAPPRI, dan pengelolaan badan usaha ditentukan melalui Rapat Pleno PAPPRI,” jelas Yagus.

Menurut Yagus, hal itu dilakukan untuk membantu hak-hak ekonomi para anggota PAPPRI yang terlibat di dalamnya. Maka, segala hasil usaha yang diperoleh akan diatur secara jelas dalam bentuk perjanjian secara tertulis.

Kedepannya kata Yagus, pihaknya akan menganggap bahwa setiap anggota DPC PAPPRI Kabupaten Ciamis ini, sebagai nada yang mampu menyelinap ketiap sudut tersempit di Indonesia, bahkan sampai kecelah-celah langit.

“Melalui semangat seperti itu, saya berharap PAPPRI Ciamis bisa menyentuh para seniman musik kecil sekalipun, karena mereka juga layak diapresiasi,” pungkasnya. (Nank).