Temukan Rentenir Berkedok Koperasi, LSM Pemuda Gelar Audensi dengan Pemkab Ciamis

DIKSI NEWS4 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – LSM Pemuda Kabupaten Ciamis menggelar audensi dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, terkait maraknya rentenir berkedok koperasi, Kamis (19/01/2023) di Aula Asisten Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Direktur Kajian Analisa LSM Pemuda sekaligus Koordinator Wilayah Priangan Timur, Felix Fernades mengatakan, pihaknya telah menemukan banyaknya rentenir yang berkedok sebagai koperasi yang beroperasi di Kabupaten Ciamis.

banner 336x280

“Kami menemukan banyaknya rentenir berkedok koperasi. Jadi terkait temuan itu kami melakukan audensi dengan pihak Pemkab Ciamis,” katanya.

Dijelaskan Felix, bahkan salah satu rentenir berkedok koperasi yang ditemukan ini adalah koperasi yang sudah lengkap badan usahanya. Mereka melakukan aktivitas penjualan uang.

“Mereka meminjamkan uang kepada masyarakat dengan bunga yang cukup tinggi. Ini menyebabkan masyarakat resah. Karena jika tidak bisa membayar, mereka dapat menyita sejumlah barang milik nasabah,” jelasnya.

Diakui Felix, pihaknya banyak menerima keluh kesah dari masyarakat yang tidak bisa membayar pinjaman. Karena bunga yang besar yaitu 30%, para rentenir tersebut selain menyita barang, bahkan mereka juga menyita KIS, KTP dan lainnya.

“Makanya temuan kami UMKM itu banyak yang tutup. Karena tujuan mereka meminjam itu untuk modal. Tapi karena bunganya yang besar, sehingga tidak mampu membayar,” ungkap Felix.

Berdasarkan temuan yang ada di lapangan lanjut Felix, banyak masyarakat yang masih tidak mengerti tentang koperasi, apa itu koperasi.

“Di lapangan kami menemukan banyak masyarakat tidak mengerti prinsip koperasi itu apa, dan kami bantu menjelaskan sehingga mereka akhirnya paham,” ucap Felix.

Felix juga menjelaskan, akibat dari koperasi yang menetapkan bunga cukup besar menyebabkan psikologi masyarakat terganggu, karena pihak koperasi dalam menagih disertai dengan ancaman.

banner 336x280