PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Dukung Pengembangan UMKM Ciamis Melalui Pelatihan dan Kurasi Produk

Kurasi produk menjadi langkah strategis untuk memastikan produk UMKM lokal dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

DIKSI NEWS0 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, CIAMIS – PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan (DKUMKP) Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM di wilayah tersebut.

Langkah ini terwujud melalui pelatihan manajemen ritel dan kurasi produk yang diadakan pada Rabu (14/08/2024), di aula gedung PKK Kabupaten Ciamis, dengan 50 peserta pelaku UMKM.

banner 336x280

Asep Khalid Fajari, S.Ip, Kepala Dinas DKUMKP Kabupaten Ciamis, menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya berupa pelatihan tetapi juga sosialisasi penting terkait proses kurasi produk UMKM.

“Kurasi produk ini bertujuan untuk memilih produk UMKM Ciamis yang layak. Bagi produk yang lulus, kami akan memfasilitasi kerja sama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.,” jelas Asep.

Langkah Strategis dalam Pemasaran

Kurasi produk menjadi langkah strategis untuk memastikan produk UMKM lokal dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

Dukungan dari perusahaan retail besar seperti PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. menjadi peluang emas bagi pelaku UMKM untuk berkembang.

Alif Riadi, S.P., M.M., Deputi Branch Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Cabang Cilacap, yang mencakup sepuluh kabupaten dengan total 548 toko—termasuk 72 di Kabupaten Ciamis—menyampaikan harapannya terkait program ini.

“Kami berharap, dengan pelatihan dan kurasi produk ini, UMKM di Ciamis dapat meningkatkan kualitas dan standar produk mereka sehingga bisa bersaing di pasar retail yang lebih besar,” kata Alif.

Kerjasama dengan Alfamart

Dengan pelatihan yang komprehensif dan kurasi yang ketat, produk-produk UMKM yang terpilih diharapkan dapat menjangkau lebih banyak konsumen melalui jaringan toko Alfamart.

Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya bagi pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah.

Program kolaborasi ini mendapat apresiasi dari peserta pelatihan, yang merasa bahwa upaya ini memberikan peluang besar untuk mengembangkan usaha mereka.

banner 336x280