Bantuan Kaki dan Tangan Palsu bagi Penyandang Disabilitas Anggota PPDI DPC Ciamis

Peserta yang mengikuti acara ini tidak hanya berasal dari Ciamis, tetapi juga dari daerah sekitar seperti Banjar dan Pangandaran.

banner 468x60

“Kami mencatat ada 12.306 penyandang disabilitas di wilayah Ciamis,” ungkap Dodo, menggambarkan besarnya komunitas disabilitas di daerah tersebut.

PPDI DPC Ciamis juga telah mengadakan berbagai kegiatan untuk mendukung penyandang disabilitas, termasuk pelatihan sesuai dengan minat dan keahlian mereka.

banner 336x280

“Kami sudah selenggarakan beberapa kegiatan dengan tema Berdaya, tangguh untuk ekonomi disabilitas,” tambahnya.

Dukungan dari UPTD Binakarya dan Jamkesda

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Bina Karya dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Rustiani Sundayani, S.Sos.,M.Si, mengapresiasi inisiatif dari PPDI DPC Ciamis dan Yayasan Peduli Tuna Daksa.

Ketua UPTD Binakarya dan Jamkesda Ciamis
Ketua UPTD Binakarya dan Jamkesda Ciamis

Ia menyebut pihaknya saat ini sedang mengadakan beberapa pelatihan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Ciamis, yang merupakan individu atau masyarakat dengan hambatan dalam melaksanakan fungsi sosialnya.

“Sesuai dengan peraturan, kita upayakan pemenuhan kebutuhan bagi PPKS melalui beberapa pelatihan,” ujar Yani panggilan akrabnya.

Ia juga menambahkan bahwa Dinas Sosial Ciamis mendukung penuh kegiatan ini.

“Kami dari Dinsos Ciamis, khususnya dari UPTD, sangat mendukung kegiatan ini. Terus terang, melihat antusias dari para rekan disabilitas yang mendapat bantuan, kami merasa terharu dan mengucapkan beribu terima kasih,” tambahnya.

Dengan keterbatasan anggaran, UPTD telah berulang kali mengadakan pelatihan bagi para penyandang disabilitas untuk membantu mereka memperoleh keahlian demi pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

“Meskipun dengan anggaran terbatas, tapi UPTD sudah berulang kali mengadakan pelatihan bagi para rekan disabilitas agar memiliki keahlian demi pemenuhan kebutuhannya sehari-hari,” pungkas Yani.

banner 336x280