Mengenal Belalang Setan, Jangan Dimakan Bisa Bikin Nyawa Melayang !

DIKSI HEALTH15 Dilihat
banner 468x60

Bagi anda yang suka mengkonsumsi serangga, jangan sekali-kali mencoba memakan serangga ini, lantaran berbahaya dan tidak layak dikonsumsi. Jika belalang setan dimakan, maka itu akan berdampak fatal.

Kematian akibat serangga ini Kasus yang terjadi di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada awal Desember lalu patut diperhatikan. Saat itu, ada pasangan suami-istri yang keracunan dan penyebabnya diduga adalah konsumsi belalang beracun ini.

banner 336x280

Tragedi ini bermula saat keduanya sedang bekerja di ladang. Mereka kemudian menangkap beberapa ekor belalang lalu dimasak dan dimakan. Suami diketahui memakan satu ekor, sementara istri tiga ekor.

Tak lama setelah memakan belalang tersebut, keduanya mengalami keracunan dan dibawa ke rumah sakit. Sayangnya, sang istri kemudian meninggal dunia.

Belalang setan dan serangga berwarna mencolok lainnya memang disarankan untuk tidak dikonsumsi. Biasanya, serangga berwarna mencolok mengandung racun kendati sejauh ini juga belum ada penelitian yang memadai mengenai racun belalang setan.

“Jangan dimakan ya, karena jenis satwa yang berwarna biasanya beracun, jadi memang harus hati-hati hewan yang warnanya yang mencolok,” kata Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Yogyakarta Kusmardiastuti.

“Kalau yang saya baca, dia (belalang) kalau merasa terancam akan mengeluarkan busa dari toraknya itu, membikin gatal. Terkait racun perlu kajian sepertinya,” lanjutnya.

banner 336x280