Mengenal Belalang Setan, Jangan Dimakan Bisa Bikin Nyawa Melayang !

DIKSI HEALTH15 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id – Belalang setan, serangga jenis apa? Jenis serangga dari sekian serangga yang ada di Indonesia, mungkin dari namanya saja terdengar unik dan menyeramkan.

Ya, belalang setan. Belalang satu ini punya nama latin Aularches miliaris. Kendati namanya seram, penampilan belalang setan justru terbilang cantik.

banner 336x280

Jenis belalang ini, berbeda dengan belalang lain yang umumnya hanya berwarna hijau atau cokelat di sekujur tubuh. Belalang langka ini punya warna hijau dengan bintik-bintik kuning di punggungnya, sementara perutnya berwarna jingga kemerahan.

Warna tubuh yang berwarna-warni ini berfungsi sebagai pertahanan diri dari predator atau musuh alaminya. Selain menggunakan warna tubuh yang menarik.

Kenapa disebut belalang setan, namanya sendiri berasal dari kebiasaan serangga ini mengeluarkan suara berderit. Belalang ini kerap disebut juga sebagai belalang busa, belalang tutul utara, atau belalang kopi.

Ada fungsi khusus dari warna belalang setan yang demikian cantik itu. Melansir dari laman Fakultas Pertanian UGM, bahwa tubuh yang berwarna-warni dari serangga ini berguna sebagai pertahanan diri dari predator di alam. Di samping itu, serangga langka ini juga mempertahankan diri dengan mengeluarkan busa beracun dan cairan berbau busuk.

Belalang ini hidup di Asia Selatan dan Asia Tenggara, dan salah satu tempat di mana serangga ini bisa ditemukan adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana, belalang juga dikenal sebagai bahan makanan yang biasa diolah menjadi santapan lezat. Namun, belalang beracun satu ini adalah pengecualian.

banner 336x280