Apa sih Pengelolaan Sampah 3R ?

DIKSI HEALTH5 Dilihat
banner 468x60
DiksinasiNews.co.id Mungkin pengelolaan sampah 3R bagi sebagian orang tak asing mendengarnya. Akan tetapi, banyak yang belum tahu apa arti dari sampah 3R tersebut.

Sejauh ini, sampah hanya dibuang dan tidak dikelola sehingga menyebabkan penumpukan yang berdampak buruk pada lingkungan. Oleh karena itu, sampah 3R merupakan salah satu solusi alternatif bagi menumpuknya sampah yang tidak terolah dengan baik.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah penjelasan tentang sampah 3R yang memuat tentang pengertian, manfaat, contoh, dan lain sebagainya.

banner 336x280
Pengertian Sampah 3R

Melansir dari laman EIC, pengelolaan sampah 3R adalah mengelola sampah dengan cara reuse, reduce, dan recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih bisa dipakai dengan fungsi yang sama atau fungsi lain. Reduce adalah mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan sampah. Recycle adalah mengolah kembali atau dikatakan juga mendaur ulang sampah menjadi barang atau produk lain yang lebih bermanfaat.

Manfaat Sampah 3R

Menurut laman Universitas Peradaban, sampah 3R memiliki banyak manfaat yaitu mencegah polusi baru, menghemat energi, mengurangi emisi gas rumah kaca, mengurangi sampah yang harus didaur ulang, memberikan manfaat lain terhadap sampah yang sudah didaur ulang, dan lain sebagainya. Selain itu, sampah 3R juga dapat membantu melestarikan sumber daya alam yang sekarang ini sudah mulai terancam.

 

Contoh Nyata Penerapan Sampah 3R

Pengelolaan sampah 3R bisa diterapkan dengan mudah. Berikut ini adalah contoh pengelolaan sampah yang biasa dilakukan sehari-hari:

– Menjual atau memberikan sampah yang terpilah kepada orang yang memerlukan.

– Menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.

– Memilih produk dengan kemasan yang bisa didaur ulang.

– Menghindari produk yang menyebabkan penumpukan sampah yang terlalu besar.

– Mengurangi barang sekali pakai.

– Menghindari membeli barang yang tidak diperlukan.

– Mengolah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.

banner 336x280