Persija Jakarta dan 4 Klub Indonesia Dihukum FIFA dengan Larangan Transfer Pemain, PSSI: Kami Belum Terima Email!

PSSI Menanggapi Sanksi FIFA terhadap 5 Klub Indonesia: Kelima Klub Belum Dapat Email

DIKSI SPORT1 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, Jakarta – Badan sepak bola dunia FIFA telah mengumumkan sanksi yang diberlakukan terhadap Persija Jakarta dan empat klub lainnya di Indonesia. Sanksi tersebut berupa embargo transfer selama tiga periode, seperti yang diungkapkan FIFA dalam pernyataannya pada Selasa.

5 Klub Kena Sanksi FIFA

Klub yang terkena dampak dari sanksi ini antara lain Persija Jakarta, Persikab Kabupaten Bandung, Persiraja Banda Aceh, SADA Sumut FC, dan Persiwa Wamena.

banner 336x280

Masa hukuman untuk masing-masing klub berbeda. Persija dan Persiraja memulai masa hukumannya sejak 26 Januari 2024, sementara Persikab dan SADA memulainya pada 26 Februari 2024.

Sanksi yang jatuh terhadap Persiwa, mulai 12 Mei 2022, namun belum ada kepastian mengenai kapan sanksi ini akan selesai. Penyebab hal ini adalah,  penggabungan Persiwa dengan tim Cirebon, Bina Putra, yang mengakibatkan Persiwa tidak lagi berpartisipasi dalam kompetisi sepak bola nasional.

Penyebab Sanksi

FIFA tidak memberikan detail kasus yang menyebabkan kelima klub tersebut mendapat sanksi. Namun, berdasarkan Peraturan Status dan Transfer Pemain serta Kode Disiplin FIFA, embargo transfer dapat mereka terima karena berbagai alasan, seperti tunggakan pembayaran, pemutusan kontrak tanpa alasan jelas, dan kegagalan dalam membayar jumlah yang relevan tepat waktu.

banner 336x280