Mengenal Pantrangan dan Larangan Situ Lengkong Wisata Andalan Ciamis

DIKSI TRAVELING114 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, CIAMIS – Situ Lengkong Wisata Andalan Ciamis Jawa Barat (Jabar), merupakan salah satu tempat wisata di bumi Tatar Galuh Parahyangan yang kini jadi andalan.

Selain diandalkan, situ Lengkong juga terkenal akan panorama keindahannya dan juga dikenal sebagai tempat wisata ziarah yang ada di Kabupaten Ciamis.

banner 336x280

Situ Lengkong wisata andalan masyarakat Ciamis, adalah situ atau berupa danau yang berada di Kecamatan Panjalu karena dalam bahasa sunda “Situ” mempunyai arti “Danau”.

Apabila melihat kebelakang, Situ Lengkong ditetapkan sebagai cagar alam berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Jenderal Belanda (Besluit van den Gouverneur-Generaal van Nederlandsh Indie) Nomor 6 pada tanggal 21 Februari 1919.

Berdasarkan dari data sejarah yang dirangkum dari berbagai sunber, Situ Lengkong wisata andalan Ciamis ini, dulunya kawasan ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu.

Dari penemuan sejarah ini Panjalu berkembang menjadi destinasi wisata alam, budaya, dan juga wisata religi atau ziarah. Dengan adanya hal itu maka Pemerintah Provinsi Jabar menetapkan Panjalu sebagai Desa Wisata pada tanggal 17 Maret 2004 lalu.

Apabila kita mengulas sedikit dari sejarah, di Situ Lengkong terdapat tiga buah pulau kecil (Nusa) dan di tengah Situ Lengkong ada satu pulau yang disebut Nusa Larang dimana di dalam nusa itu terdapat makam Prabu Hariang Kencana (anak Prabu Borosngora).

Konon katanya, menurut sejarah yang tercatat, pada dahulu kala Prabu Borosngora berguru kepada Sayyidina Ali di Mekkah atas perintah dari ayahnya yaitu Prabu Cakra Dewa.

banner 336x280