Mengenal Pantrangan dan Larangan Situ Lengkong Wisata Andalan Ciamis

DIKSI TRAVELING114 Dilihat
banner 468x60

Setelah beliau berguru kepada Sayyidina Ali, Prabu Borosngora kembali ke Panjalu dengan membawa beberapa cenderamata, salah satu diantaranya ada amanat dari ayahnya di mana Prabu Borosngora harus bisa membawa air dalam batok kelapa yang bawahnya berlubang dan hal tersebut disampaikan beliau kepada Sayyidina Ali.

Setelah mendengar hal itu Sayyidina Ali menyuruh Prabu Borosngora membawa air Zam-Zam dan berkat izin Allat swt., air Zam-Zam yang dibawa itu tidak tumpah sama sekali. Selain air Zam-Zam, Prabu Borosngora juga membawa pedang yang diberikan Sayyidina Ali ke Panjalu dan sampai sekarang pedang tersebut disimpian di Museum Bumi Alit.

banner 336x280

Setelah sampai di Panjalu air Zam-Zam yang dibawa Prabu Borosngora ditumpahkan ke tempat yang namanya Legok Jambu dan menjadi sebuah danau yang sekarang dikenal sebagai Situ Lengkong.

Nah, untuk para wisatawan sendiri apabila datang ke Situ Lengkong wisata andalan Ciamis ini, haruslah menjaga tatakrama dan sopan santun selama ada di Situ Lenkong. Karena Situ Lengkong ini adalah tempat yang dikeramatkan maka ada beberapa larangan dan juga pantrangan yang dipercaya masyarakat Panjalu dan hal tersebut tidak boleh dilanggar.

Baca juga : Pesona Curug Tujuh Cibolang Ciamis, Destinasi Wisata yang Jarang Diketahui

Beberapa larangan dan pantrangannya diantaranya yaitu tidak boleh mengatakan kalong ketika melihat kelelawar besar yang berada disekitar nusa (area yang dikeramatkan), kemudian juga dilarang mengatakan batok. Pada saat menaiki perahu untuk menuju ke pulau kecil di tengah Situ Lengkong pada saat akan berziarah ke makam keramat pun sopan santun tetap harus dijaga karena dipercaya apabila larangan dan pantrangan tersebut dilanggar maka akan terjadi malapetaka dan itu sudah pernah terjadi.

Kawasan Situ Lengkong Panjalu menyajikan pemandangan yang sangat indah, destinasi wisata yang murah meriah dan juga bisa dijadikan sebagai alternatif wisata bersama keluarga.

Situ Lengkong ini menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat Panjalu karena menjadi objek wisata unggulan Ciamis.

 

banner 336x280