Pesona Curug Tujuh Cibolang Ciamis, Destinasi Wisata yang Jarang Diketahui

DIKSI TRAVELING24 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS Bagi anda yang hendak melintas ke daerah Kabupatan Ciamis, Jawa Barat (Jabar), jangan lupa mampir ke Curug Tujuh Cibolang, Destinasi Wisata yang wajib dibahas.

Bagi anda yang sedang kebingungan untuk mengisi waktu libur Natal dan tahun baru (Nataru) tidak ada salahnya jika anda mencoba datang ke Curug (air terjun) Tujuh Cibolang yang berada di kaki Gunung Sawal dengan luas sekitar 40 Hektare ini.

Curug Tujuh Cibolang tepatnya berada di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, atau sebelah timur dari Obyek Wisata Situ Lengkong Panjalu.

Berjarak sekitar 40 menit dari pusat Kabupaten Ciamis ditempuh dengan menggunakan kendaraan motor atau mobil dengan medan perjalanan yang dilewati berupa jalan beraspal yang naik turun, semakin membuat destinasi wisata ini semakin eksotis.

Dengan tarif Rp7.500  kita akan disuguhkan pemandangan alam air terjun dengan pepohonan dan bukit yang rimbun. Curug Tujuh Cibolang terdiri dari Curug satu, dua, tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Mitos Sejarah 

Menurut legenda, zaman dahulu kala terjadi kemarau yang sangat panjang, tanah kering kesulitan air sehingga masyarakat di wilayah tersebut dirundung kemalangan yang panjang.

Hal tersebut membuat sang raja bertapa memohon untuk diturunkan hujan agar negerinya pulih seperti sediakala. Namun usaha tersebut gagal, sang raja sedih sampai menangis sampai akhirnya keajaiban terjadi.

Dari air mata tangisan sang raja berubah menjadi genangan air semakin lama membesar membentuk aliran yang terpecah menjadi tujuh tebing Curug (air terjun) hingga terbentuklah Curug 7.

Yang menarik dari Curug tujuh, untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan dan suasana harus mendaki bukit yang cukup menukik, namun hal itu sepadan dengan suasana pohon pinus dan alam yang sejuk.

Semua Curug dapat dicapai
dengan tempuh waktu 3 jam pendakian, Curug pertama berjarak 50 M dari gerbang, lalu Curug kedua berjarak 1 km dari Curug pertama,

Menurut kepercayaan masyarakat setempat air Curug yang mengalir berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit seperti encok, rematik, pegal linu dan penyakit kulit.

Uniknya lagi airnya pun tidak pernah surut sekalipun musim kemarau panjang. Selain untuk berendam mandi, bagi kamu yang suka camping tentunya sangat cocok.

Bagi anda yang gemar mengoleksi foto, di Curug tujuh Cibolang tentunya akan memberikan foto dengan pemandangan yang indah. Tentunya sangatlah tepat apabila anda dan keluarga mengabadikan momen keseruan apabila berkunjung ke Curug tujuh cibolang.

Penasaran ? Silahkan langsung datang untuk mengisi waktu liburan anda bersama keluarga tercinta.

2 komentar

Komentar ditutup.