Surga Tersembunyi di Garut Selatan yang Wajib Dikunjungi, Leuwi Tonjong Cocok untuk Libur Nataru

DiksinasiNews.co.id, GARUT – Pesona dan daya tarik Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar) bukan hanya dari makanan khas dodolnya yang manis istimewa. Anugerah lainnya yang ia miliki adalah keindahan alamnya yang mempesona. Satu diantaranya adalah Surga tersembunyi yang bernama Leuwi Tonjong.

Daya tarik utama dari Leuwi Tonjong Garut ini, alamnya yang sangat memukau.

Banyak objek wisata di daerah ini masih alami dan terjaga, mungkin karena belum begitu terjamah oleh manusia. Salah satunya sungai lubuk dangkal bernama Leuwi Tonjong.

Lokasi berada di tengah hutan Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Sungai yang terbentang di sana sangat jernih dan berwarna biru toska. Surga tersembunyi itu berada di balik dua tebing raksasa dekat kaki Gunung Gong, semakin menambah kesan eksotis karya maha kuasa itu.

Apabila kita berjalan lebih jauh ke atas, yang paling menakjubkan akan kita temukan di sana yakni bebatuan tebing setinggi 100 meter menjulang menghimpit sungai. Bentuknya seperti meruncing ke atas, warnanya putih sedikit kehitaman, permukaannya ditumbuhi lumut dan tumbuhan liar. Benar-benar alam nan indah.

Suatu predikat yang pantas apabila wisata bahari ini memenangkan peringkat kedua sebagai Surga Tersembunyi dari Kementerian Pariwisata RI beberapa waktu lalu.

Bicara soal pesona Leuwi Tonjong, alamnya yang memukau tentu menjadi daya tarik utama. Tebing-tebing raksasa itu bukan saja menjadi pembatas air yang mengalir dari sungai, tetapi keajaiban. Setiap orang yang memandangnya, pasti akan berdecak kagum.

Daya tarik utama dari Leuwi Tonjong Garut ini, alamnya yang sangat memukau. Setiap orang pasti akan berdecak kagum tatkala memandang tebing-tebing raksasa yang menjadi pembatas air yang mengalir dari sungai. Sungguh ini sebuah keajaiban.

Permainan sinar matahari menjalari tebing ketika terbit dan tenggelam juga menjadi daya tarik tersendiri. Banyak orang menyebut Leuwi Tonjong seperti Phuket di Thailand karena bentuknya mirip.

Selain tebing, perairan di sana juga menawan. Ketika air mengalir tak begitu deras melewati batu besar di tengahnya, tampak bak air terjun mini. Tepi sungai yang dangkal akan memantulkan keindahan langit cerah di atasnya. Panorama yang disuguhkan sungguh menenangkan, sehingga cocok untuk relaksasi melepas penat.

Mendatangi surga Leuwi Tonjong tidaklah mudah. Rute yang harus dilewati cukup menantang. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung harus menerjang jarak 60 kilometer dari kota Bandung atau dua jam berkendara. Terdapat beberapa alternatif jalan yang bisa dilalui, salah satunya Jalan Raya Garut-Cikajang.

Setiba di Cikajang, pengunjung harus melanjutkan perjalanan menuju Desa Jayamukti dengan menumpangi ojek. Medan di titik ini terbilang cukup sulit karena jalannya sangat licin. Setelah tiba di ujung pemberhentian, pengunjung masih harus menyusuri jalan tanah berbatu-batu dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Ada turunan curam yang mesti dilewati tanpa pegangan. Untuk itu, sebelum berkunjung ke Leuwi Tonjong, pengunjung disarankan mempersiapkan semua keperluan dengan matang agar tetap aman dan selamat.

Bagi anda yang hendak melancong ke tempat ini, perlu kita sampaikan dan anda harus perhatikan bahwa, sampai saat ini di Leuwi Tonjong belum tersedia rumah makan dan lainnya, sehingga pengunjung mesti membawanya dari rumah atau membelinya dalam perjalanan menuju lokasi karena di sekitar situ terdapat warung, tempat ibadah, toilet, dan tempat parkir.

Untuk menikmati pesona Leuwi Tonjong Garut, pihak pengelola menjadwalkan buka 24 jam setiap hari. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di sana, seperti berenang, memancing, menjelajahi sungai dengan rakit, berkemah, outbond, atau sekadar duduk sambil memandangi alam raya.

Daya tarik utama dari Leuwi Tonjong Garut ini, alamnya yang sangat memukau.

Untuk menikmati alam Leuwi Tonjong, pengunjung kena membeli tiket masuk seharga Rp10ribu di hari biasa dan Rp15ribu pada hari libur. Tarif itu tergolong murah dibandingkan dengan kekayaan alam yang disuguhkan.