Dugaan Pungutan SMAN 1 Ciamis, Komite Sebut Orangtua tak paham Aturan

DIKSI NEWS45 Dilihat
banner 468x60

Kapten Endang, menekankan bahwa penggalangan dana yang terjadi bertujuan untuk mendukung program unggulan di SMAN 1 Ciamis. Sekolah ini memiliki reputasi baik dalam mencetak siswa-siswa yang siap melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, dan dana sumbangan dari orangtua akan mereka gunakan untuk mencapai tujuan ini.

“Adanya dana sumbangan dana dari orangtua, demi terlangsungya beberapa program unggulan di SMAN 1 Ciamis. Mengingat ini adalah sekolah legend di Ciamis, yang biasa mencetak supaya siswa yang masuk perguruan tinggi yang mereka inginkan lebih banyak” ujar Kapten Endang.

banner 336x280

Dia juga menyoroti tiga syarat yang harus terpenuhi oleh siswa untuk melanjutkan ke universitas favorit, yaitu prestasi akademik, sertifikat kejuaraan tingkat provinsi, dan kemampuan berbicara dalam beberapa bahasa.

“Ada tiga kategori anak bisa masuk Universitas favorit, secara akademis, mempunyai sertifikat kejuaraan tingkat provinsi dan berdialog dalam berbagai bahasa” papar Kapten Endang.

Kapten Endang menegaskan bahwa penggalangan dana bukanlah keputusan sepihak dari komite, tetapi merupakan hasil kesepakatan orangtua siswa pada rapat yang terjadi. Mereka memfasilitasi keinginan orangtua untuk memberikan bekal terbaik kepada anak-anak mereka dan mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua siswa.

“Kami hanya memfasilitasi keinginan mulia para orangtua siswa, mereka menghendaki buah hatinya melanjutkan ke Universitas yang terbaik. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu butuh biaya dan kami pun tetap memperhitungkan kemampuan para orangtua siswa” ujar Kapten Endang.

Anggota Komite Alumni Sekolah

Ketua Komite, Yeyet, mengungkapkan bahwa anggota komite adalah alumni SMAN 1 Ciamis. Para alumni tersebut, memiliki anak yang saat ini sekolah di sana. Beberapa di antara mereka memiliki pengalaman sebagai birokrat dan telah menaungi jurnalis dalam karier mereka.

“Beberapa anggota merupakan alumni, dan sekarang anaknya sekolah di sini. Ibu mah ngemutan, kantos di birokrasi selama 35 tahun yang membawahi media massa termasuk jurnalis” singkat Yeyet.

banner 336x280